LAYANAN INFORMASI “M3 (MY HABITS, MY CHOICE, MY SUCCES)” DALAM MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK MENJADI PRIBADI UNGGUL DI ERA POST MODERN

devi ratnasari, Miskanik Miskanik, Handoko Handoko

Sari

Era post modern menuntut manusia untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik agar mampu menghadapi segala tantangan yang ada demi mencapai kesuksesan. Peserta didik yang berusia remaja tentu memiliki perkembangan yang unik dan memerlukan bimbingan dalam perkembangannya, termasuk bimbingan untuk menjadi pribadi yang unggul di era post modern. Salah satu aspek dalam pribadi yang unggul adalah kebiasaan positif.  Kebiasaan adalah pengulangan sesuatu secara terus-menerus atau dalam sebagian besar waktu dengan cara yang sama dan tanpa hubungan akal, atau sesuatu yang tertanam di dalam jiwa dari hal-hal yang berulang kali terjadi. Permasalahan yang kerap terjadi pada peserta didik di lapangan adalah adanya kebiasaan negatif yang dapat menghambat kesuksesan di masa depan, misalnya sering menunda pekerjaan, menyepelekan penggunaan waktu, dan meremehkan pergaulan dengan orang lain. Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan agar siswa lebih mampu mengembangkan kebiasaan positifnya sehingga menjadi pribadi unggul yang siap menghadapi berbagai tantangan di era post modern.

Kata kunci: Layanan Informasi, Kebiasaan Positif Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Papalia, D.E, Olds,S.W., & Feldman, D. (2001). Human Development. Boston: Mc Graw Hill

Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling (Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok). Padang: Universitas Negeri Padang.

Retnowati, Sofia. (2013). Remaja dan Permasalahannya. Jurnal Psikologi UGM. Vol 5. no 3, hal 5-13

Sarwono, Sarlito W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo

Sukardi, D.K dan Desak P.E Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.