MEREK “DIFABEL KLATEN” DALAM KAMPANYE HARI DISABILITAS INTERNASIONAL (HDI) KABUPATEN KLATEN

Angga Kusuma Dawami, Yayah Rukiah, Mohamad Sjafei Andrijanto

Sari

ABSTRAK

Salah satu media dalam menyuarakan kesetaraan Difabel adalah ketika Hari Disabilitas Internasional (HDI). Setiap tahun, di bulan Desember organisasi difabel di berbagai daerah membuat acara untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kampanye sosial, agar eksistensi Difabel di masyarakat terus diingat. Begitupun dengan organisasi Difabel di wilayah Kabupaten Klaten. Tahun 2017, organisasi Difabel di wilayah Klaten membuat sebuah merek baru sebagai identitas yang digunakan dalam kampanye Hari Disabilitas Internasional, yaitu Difabel Klaten, dimana anggotanya terdiri dari organisasi-organisasi Difabel yang ada di wilayah Kabupaten Klaten. Penelitian ini membahas tentang proses pembentukan merek ‘Difabel Klaten’ ketika akan digunakan dalam Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017. Dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif, fokus penelitian ini adalah pembangunan merek Difabel Klaten oleh organisasi-organisasi Difabel Klaten. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa; (1) untuk membangun merek diperlukan kesamaan visi untuk mencapai tujuan bersama, dalam Difabel Klaten mencerminkan kesetaraan; (2) untuk mendukung visi besar Difabel Klaten, diperlukan materi-materi kampanye yang mendukung eksistensi Difabel Klaten pada Hari Disabilitas Internasional.

Kata kunci: Difabel Klaten, Merek, Hari Disabilitas Internasional

 

ABSTRACT

The one of media to say equivalence for People with Disabilities is International Disability Day (HDI). Every year, in December, disabilities organizations in different regions make an event to educating the socity through social campaigns in International Day of Persons with Disabilities, so that the existence of Disablities in the community will continue to be remembered. Likewise with the Difabel organization in Klaten district. In 2017, the Disabilities organization in the Klaten area established a new brand as the identity used in the International Disability Day campaign, which is Difabel Klaten, whose members consist of Disabilities organizations in the district of Klaten. This paper discusses the process of forming the 'Difabel Klaten' brand when it will be used in International Day of Persons with Disabilities (HDI) in 2017. Using the qualitative descriptive method, the focus of this research is the development of the Klaten Difabel brand by Klaten Disablity organizations. From this research can be seen that; (1) to build the brand required a common vision to achieve common goals, in Difabel Klaten reflect equality; (2) to support the great vision of Difabel Klaten, campaign material is needed to support the existence of Difabel Klaten on International Disability Days.

Keyword: Difabel Klaten, Brand, International Day of Persons with Disabilities

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amalia Untarni, F., & Rahman, Y. (2016). Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Bapusipda di Kota Bandung. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 134-145.doi:10.25124/demandia.v1i02.277

Dawami, A. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 1(02), 133-141. Retrieved from http://www.magenta.mediakomtrisakti.ac.id/magenta/index.php/magenta/article/view/14

Hadiprawiro, Yulianto, (2018). Desain Logo dan Maskot “Difabel Klaten” sebagai Brand Awarness Kampanye Sosial Peduli Masyarakat Disabilitas di Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Desain 5 (02), 135-144, Januari 2018

Listya, Ariefika & Angga Kusuma Dawami. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain 5 (02), 61-73, Januari 2018.

Wheeler, Alina. (2013). Designing Brand Identity: An Essential Guide for The Whole Branding Team. New Jersey: John Wiley & Sons

Narasumber

Setyo Widodo. (45). Ketua Panitia Hari Disabilitas Internasional (HDI) Klaten tahun 2017

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.