PENGENALAN SAINS MELALUI MEDIA AWETAN SERANGGA (INSEKTARIUM) PADA ANAK USIA DINI
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan sains dengan menggunakan media awetan serangga (insektarium) pada anak usia dini di PAUD Rafa Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru PAUD Rafa Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pengenalan sains menggunakan media awetan serangga (insektarium) dilakukan dengan metode eksperimen untuk memenuhi rasa ingin tahu anak dengan bimbingan guru. Kegiatan eksperimen dengan awetan serangga (insektarium) membuat anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Guru menjadi terbantu karena lebih mudah dalam menjelaskan kepada anak dan anak dapat melihat objek secara langsung.
Kata kunci:pengenalan sains, anak usia dini, insektarium, eksperimen
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Charlesworth, Rosalind, and Karen K.(1990). Math and Science For Young children. New York: Delmar Publisher.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Fondation.
Nurjatmika, Yusep.(2011). Kecil-kecil Bisa Jadi Ilmuwan. Jogjakarta: Diva Press
Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung: Alfabeta
Suyanto, Slamet.(2006). Pembelajaran Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.