REFLEKSI PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI VIDEO BLOG (VLOG) PADA ANAK USIA DINI

yenni fitria, juwita juwita

Sari

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui video blog sebagai refleksi penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Perkembangan teknologi pada era milenial sekarang ini telah memberikan perubahan kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Masyarakat benar-benar dipermudah karena adanya teknologi  secara daring atau online. Akhir-akhir ini, mulai banyak para Vlogger atau youtuber yang memiliki akun tersendiri di media sosial untuk dapat menggaet penonton sebanyak-banyaknya. Video blog, disingkat dengan vlog adalah blog dengan format isi(konten) utama berupa video. Vlog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi, juga beragam keperluan lainnya. Informasi yang disajikan begitu mudah diakses, tampilan menarik dan dikemas dengan cara yang dapat menyedot perhatian orang yang menonoton serta tentu saja banyak pilihan sesuai dengan keinginan penontonnya. Dalam Pembelajaran, guru membutuhkan media yang dapat membantunya menyampaikan materi pelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Dengan menggunakan video blog sebagai media media pembelajaran, berarti guru mengajak siswa melihat secara langsung melalui gambar sebuah kejadian nyata yang dapat membangkitkan daya berpikir kritis siswa dalam memaknai nilai-nilai yang ditanamkan. Apalagi jika pembelajaran yang akan dilakukan adalah pembelajaran karakter bagi anak usia dini. Salah satu cara yang dipilih untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran karakter pada anak usia dini adalah dengan menggunakan video blog(Vlog). Vlog merupakan cara terbaru yang bisa digunakan oleh guru untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Melalui video blog kita bisa mengajarkan karakter kepada anak usia dini karena perencanaan sikap mental dan moral anak usia dini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Dari Video blog ini juga, guru dapat melihat kembali penerapan nilai-nilai karakter oleh anak usia dini. Vlog tersebut dijadikan sebagai refleksi  pembelajaran karakter yang telah dilakukan. Dari refleksi tersebut terlihat keunggulan dan kelemahan vlog yang telah dibuat sehingga dapat dilakukan perbaikan. Guru melakukan refleksi penerapan nilai-nilai karakter dengan cara membandingkan bentuk-bentuk aktivitas karakter yang harus diketahui dan diterapkan siswa dengan video blog yang ada. Melakukan refleksi artinya sama dengan melakukan evaluasi. Durasi video blog yang tidak sampai sepuluh menit, terdapat niali-nilai karakter yang harus diterapkan siswa. Kegiatan siswa mulai sampai ke sekolah hingga mereka pulang terdapat beberapa nilai-nilai karakter yang harus mereka ingat selalu. Misalnya ada karakter santun, bentuk karakter santun adalah mengucapkan salam dan bersalaman dengan guru, baik itu saat baru datang atau akan pulang sekolah. Dengan cara menganalisis video blog secara berulang-ulang, guru dan peneliti dapat melihat penerapan nilai-nilai karakter di dalam kelas. Video blog tersebut membantu melakukan refleksi dan menumbuhkan motivasi dari para peneliti ataupun pengajar untuk menemukan berbagai metode yang dapat digunakan agar nilai-nilai karakter dapat diterapkan sesuai dengan yang diharapkan. Guru dapat berpikir lebih kreatif untuk megajarkan nilai-nilai karakter.

Kata kunci: Refleksi, Video Blog, Nilai-nilai  Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka (6-7, 67). Surabaya: Essensi Erlangga Grup.

www.romelteamedia.com/2014/06/pengertian-blog-dan-jenis-jenis-nya.html. Diakses 28 Juni 2018.

http://liputan6.com/tekno/read/292617/indonesia-negara-ke-4-dengan-pengguna-facebook-aktif-dunia. Diakses 28 Juni 2018.

Mulyani, Novi. (2016). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (15). Yogyakarta: Kalimedia.

https://www.inirumahpintar.com/2016/10/pengertian-tujuan-manfaat-refleksi-dalam-pembelajaran.html

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.