Brand Awareness dan Perceived Quality Paket Pos Express PT Pos Indonesia

Senny Handayani Suarsa, Ferdinan Nainggolan, Prety Diawati

Abstract


Merek menjadi pertimbangan yang penting dalam pembelian, disamping kualitas produk atau layanan yang dimiliki perusahaan. Untuk itu, strategi merek dan kualitas produk diterapkan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Lumban Julu Medan untuk menarik konsumennya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman paket Pos Express. Data dikumpulkan dengan metode survey terhadap 315 orang responden, melalui teknik convenience sampling. Hasilnya, tidak terdapat pengaruh signifikan antara brand awareness terhadap keputusan pembelian namun berpengaruh secara signifikan dengan perceived quality.

References


Ambadar, J., Abidin, M., & Isa, Y. (2017). Mengelola Merek. Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Andriyanto. (2015). Persepsi Kualitas (Perceived Quality).

Ariadi, A., & Yusniar. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin). 252–268.

Astuti, D. (2017). Analisis Pengaruh Consumer Attributes, Brand Awareness Attributes, Dan Brand Image Attributes Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Memilih Jasa Pendidikan (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Di Bengkalis). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 36. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v5i1.170

Durianto, D., Sugiarto, & Budiman, L. J. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eliasari, P. R. A. E., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia dan mengingat merek dalam situasi yang berbeda . Kesadaran merek terdiri atas. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(12), 6620–6650.

Fajariah, N., Thoyib, A., & Rahman, F. (2016). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Image terhadap Brand Loyalty pada Generasi Y di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 471–480. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.3.08

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–18.

Indonesia Top Brand (2020). https://www.topbrand-award.com/.

Julu, I. P. P. C. L. (2020). Jenis Layanan Pengiriman Paket PT Pos Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Mahiri, E. Ac. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada PT. Permata Motor Kadipten. 3.

Munica, C. M., & Rachmi, A. (2015). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum.

Murba, R. A. (2014). Pengaruh Brand Awarenss dan Percieved Quality terhadap Keputusan Pembelian Di Saung Angklung Udjo.

Rangkuti. (2018). Persepsi Kualitas Terhadap Seluruh Kualitas.

Saputro, R. Y., Paramita, P. D., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario 125 di Dealer Astra Honda Semarang. Journal of Management, 2(2), 1–17.

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship ( Kepenjualan ). Jakarta: Bumi Aksara.

Suarsa, S. H., Sugesti, H., & Sayuliawati, C. N. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) pada Online Travel Agent (OTA) Traveloka terhdap Keputusan Menginap di Topas Galeria Hotel, Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 50–56. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v7i1.112

Sumiati, Yuliyanti, I., & Rosita, N. (2015). Brand dalam Implikasi.

Wahyu, F. K. (2015). Analisis Brand Awareness dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus: Elizabeth Wahyu Accessories).

Wibowo, N. E. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Yellow Truck Cabang Sunda Bandung Tahun 2017 ) the Influence of Brand Awareness Toward Purchasing Decision ( Study Case At Yellow Truck Branch Sunda Bandung ). Universitas Telkom, 3(2), 230–249.

Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (P. M. Group, Ed.). Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter