Analysis of Experimental Research Methods on Science Learning in Junior High Schools
Abstract
Full Text:
Naskah Lengkap (Bahasa Indonesia)References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR”, 1(1).
Andiasari, L. (2015). Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 15-20.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Fitriaty. (2014). Peningkatan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 5 (1), 36-39.
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80.
Krippendoff, K. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24–44.
Nurqomariah, Gunawan, Sutrio. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-178.
Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IIA SDN 78 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 252-266.
Payadnya, I. P. A. A., & I Gusti, A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Purwanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 77-88.
Rahmawati, D., Adi, M., & Aden, A., G. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP pada Konsep Energi dalam Sistem Kehidupan). Jurnal Bio Educatio, 3(2), 8-13.
Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. PRASI, 6(11), 30-40.
Riyanto, S., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Serbaguna. (2005). Dalam Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Tanjungkarang. Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Literatur (Library Research). Politeknik Kesehatan Tanjungkarang.
Sofiah, R., Suhartono, Ratna, H. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1-18.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Taib, Z. (2017). Analisis Faktor Penghambat Proses Belajar Mengajar Guru Matematika SMA Se-Kabupaten Pulau Morotai. Edukasi, 15(1), 650-662.
Yeni, F., Zelhendri, Z., Darmansyah. (2018). Penelitian pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![](http://sstatic1.histats.com/0.gif?4566449&101)