Konferensi Internasional Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI

Mengenang momentum hari lahirnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan semangat satu tanah air Indonesia, satu bangsa Indonesia, dan satu Bahasa Indonesia, telah banyak mengalami perubahan dalam berbagai bentuk dan sudut pandang. Di era yang serba tidak menentu dengan perkembangan teknologi dan peradaban yang begitu cepat, semangat hari Sumpah Pemuda terlihat semakin tergerus oleh maraknya akulturasi global. Menyikapi perubahan yang begitu cepat ini, menunjukkan perbedaan sebagai bagian dari jati diri satu bangsa menjadi isu yang sangat penting dan menjadi perhatian utama.

Pada bulan November 2019, satu momentum penting yang terkait dengan semangat hari Sumpah Pemuda, yaitu semangat satu Bahasa Indonesia, telah melahirkan satu Keputusan Bersama pada Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) yang keempat. Keputusan Bersama tersebut diinisiasi oleh Prof Drs. Koentjoro, MBSc, Ph.D. (Universitas Gajah Mada (UGM), Jogjakarta, Indonesia), Prof. Dr. Koh Young Hun (Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan), Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A. (Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya, Indonesia), Prof. Dr. Haris Supratno (Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya, Indonesia), Prof. Komaruddin Said (Majlis Profesor Negara (MPN), Malaysia), Asst. Professor Siriporn Maneechukate (Maejo University, Chiang Mai, Thailand), dan Endina Asri Widratama, BBA. (Learn Indonesia Asia PTE. LTD., Singapura), yang diselenggarakan di Surabaya, Indonesia. Diikuti oleh 31 perwakilan Lembaga Pendidikan Tinggi di Asia dan 154 profesor dari berbagai Lembaga Pendidikan Tinggi, seluruh peserta menyepakati untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional.

Dengan lahirnya Keputusan Bersama tersebut, dan sebagai bentuk dukungan serta semangat peringatan Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda, Universitas Indraprasta PGRI, sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang peduli dengan penyetaraan Pendidikan dan pelestarian budaya bangsa Indonesia, dengan bangga menyelenggarakan Konferensi Internasional Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI.

Konferensi ini diperuntukkan bagi segenap peneliti, akademisi, praktisi, dan ilmuwan baik dari lokal maupun dunia internasional untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Konferensi ini diharapkan dapat menjadi forum untuk berbagi dan berdiskusi terkait bidang Ilmu Sosial Humaniora, Ilmu Seni, Desain, & Media, dan Ilmu Pendidikan, dalam berbagai sudut pandang dan pengalaman dari berbagai penjuru dunia dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.


Journal Homepage Image

Kajian dalam konferensi ini meliputi bidang Ilmu Sosial Humaniora; Ilmu Seni, Desain, & Media; dan Ilmu Pendidikan, yang tidak terbatas pada bidang-bidang sebagai berikut:
1. Antropologi dan Etnologi
2. Folklor dalam Media dan Industri Kreatif
3. Folklor dalam Masyarakat Multikultural
4. Folklor dalam Budaya Populer/Folklor Perkotaan
5. Folklor dan Zaman Digital
6. Kajian Budaya
7. Tradisi dan Inovasi dalam Budaya
8. Pemeliharaan dan Komunikasi Warisan Budaya
9. Dunia Digital dan Pembelajaran Sosial
10. Sumber Lisan dan Literasi Tradisi
11. Isu-isu Etika dalam Folklor
12. Seni, Media, dan Literatur
13. Aplikasi Multimedia
14. Masyarakat Digital
15. Sistem Manajemen Pembelajaran
16. Pendidikan Multi Bahasa
17. Kajian Linguistik
18. Bahasa, Keyakinan, dan Hubungan Sosial
19. Perilaku dan Komunikasi
20. Budaya dan Identitas
21. Bahasa, Kebijakan, dan Ideologi
22. Teori Modern Bahasa dan Komunikasi
23. Tren Pengajaran Bahasa Asing
24. Tes, Evaluasi, dan Asesmen
25. Psikologi Pendidikan
26. Interaksi Sosial dan Gaya Pembelajaran
27. Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan
28. Metode dan Media Pembelajaran
29. Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan
30. Budaya, Ekologi, dan Sistem Pendidikan