Membentuk Dasar Teamwork pada Anak melalui Kegiatan Bernyanyi dan Mengambar

Christine Masada Hirashita Tobing

Abstract


Teamwork diperlukan untuk psikologi perkembangan anak pada saat dewasa kelak memasuki dunia kerja, melalui aktivitas bernyanyi bersama dan mengambar dalam kelompok, anak belajar mengasah kemampuan berbagi, perhatian, empati, simpati, emosi, keinginan bekerjasama, menerima kelemahan dan kekuatan anggota kelompok, mengatur diri sendiri serta mengatur anggota kelompok, juga mau menerima aturan kelompok. Sehingga karya yang dihasilkan oleh kelompok adalah hasil bersama-sama semua merasa senang atas hasil yang dicapai terlepas dari nilai kompetitifnya. Kegiatan ini mengunakan metode studi pustaka, studi kasus dan eksperimen sederhana. Hasil yang dicapai yaitu terdapat perubahan perilaku anak yang lebih peduli dengan anak lain dan menurunkan perilaku egois anak. Ini disebabkan aktivitas bernyanyi dan mengambar yang dipilih selaras dengan kebutuhan anak untuk pengembangan dirinya.

Keywords


Teamwork; Anak; Bernyanyi; Mengambar

Full Text:

PDF

References


Asmawati, L. (2013). Peningkatan kreativitas menggambar melalui pembelajaran berbantuan komputer. Jurnal Teknodik, 17(1), 547-561.

Barbara A.L. (2004). Character building untuk anak-anak: Membangun karakter untuk anak-anak usia dini. Batam: Karisma Publishing Group.

Goleman, D., Mckee, A., Boyatzis, R.E. (2002). Primal leadership: Realizing the power of emotional intellgence. Cambridg: Harvard Business School Press.

Hoegl, M., & Geumenden, H. G. (2005). Teamwork quality and success of innovative projects. Journal of Organization Science. ProQuest. 12(4). 435-449.

Ismayanti, R., Rizka, M.A., Kholisussa`di. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemmpuan Berhitung pada Anak Usia Dini di PAUD Ibnu Sulam. Jurnal Transformasi, 8(1). 23-28.

https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/5728#

Mahmud. AT. (1995). Musik dan anak. Jakarta: Departemen Pendididikan dan Kebudayaan.

Maxwell, J.C. (2014). Teamwork. Jakarta: MiC Publishing.

Nisa, N.K & Prayogo, B.H. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 tahun di PAUD Bougenvile 90 Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Chilhood and Inclusive Education. 3(1), 19-26.

https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/JECIE/article/view/481

Stephen R.C. (2012). The leader in me: Kisah sukses sekolah dan pendidik menggali potensi terbesar setiap anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Uslarika Hida Rahma, dkk. (2019). Kualitas teamwork dalam organisasi. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/333310217.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.