Kemampuan Anak Indonesia Menulis Ejaan dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia pada Teks Elektronik

Devi Ambarwati Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak Indonesia menulis tata bahasa baku melalui karangan pendek yang ditulis dengan media elektronik. Empat ratus teks elektronik hasil karangan anak Indonesia telah diolah menjadi Korpus Cerita Anak Indonesia yang terdiri dari 7.815 token dan 1.650 jenis kata. Berdasarkan hasil analisis frekuensi, ditemukan bahwa ada dominasi penggunaan kata "aku" sebesar 5,6% dibandingkan dengan "saya" yang hanya digunakan sebesar 3,6% dari seluruh token. Dari keseluruhan data, 68% responden menulis esai secara tidak formal, sedangkan 32% responden lainnya memilih berpedoman pada tata bahasa baku Bahasa Indonesia. Unsur tata bahasa yang sering diabaikan oleh anak Indonesia adalah (1) pemakaian huruf besar dan kecil, (2) pemakaian tanda baca, (3) penulisan kata depan, dan (4) pemakaian singkatan. Melalui karangan tersebut terungkap pula, bahwa sebagian besar anak Indonesia mengalami perundungan dan kesulitan memahami pelajaran. Dari tema sosial media, anak-anak Indonesia mengaku sudah terbiasa menggunakan gawai dan aktif mengakses TikTok, Instagram, dan Youtube. Mendapatkan hadiah ponsel, mainan, dan sepeda adalah dominasi harapan anak-anak Indonesia sebesar 57%.  Sedangkan 53% sisanya memikirkan keinginan mendapatkan waktu yang berkualitas bersama keluarga.


Keywords


Anak; Tata Bahasa Baku; Menulis; Karangan; Korpus

Full Text:

PDF

References


Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813

Akmal, T., & Pransiska, R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK MELALUI PERMAINAN PUTARAN HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(2).

Anthony, L. (2005). AntConc: Design and development of a freeware corpus analysis toolkit for the technical writing classroom. IEEE International Professional Communication Conference. https://doi.org/10.1109/IPCC.2005.1494244

Anthony, L. (2011). AntConc. In AntConc (Version 3.2.4) [Computer Software]. Tokyo, Japan: Waseda University. Available from http://www.laurenceanthony.net/.

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA MAKALAH MAHASISWA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3). https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5098

Isnaini, I. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF MATERI MENGARANG BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.2222

Khasanah, R. U., Wiarsih, C., & Ernawati, A. (2021). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HURUF KAPITAL PADA KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA (PUEBI). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1126

Kurnia, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Tema Alam Semesta. Educhild, 7(2).

Kusumawarani, F., & Puspitasari, D. A. (2021). ANALISIS ATTITUDE DALAM PERUNDUNGAN SIBER PADA PELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Forensik Kebahasaan, 1(2), 162–177.

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 1(2).

Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., Tjatur, S. S., Sasangka, W., & Sugiyono, S. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi keempat. In Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi keempat.

Puspitasari, D. A. (2021). Menilik Tren Kata di Media Sosial pada Tahun 2012 dan 2020 Melalui Linguistik Korpus. In J. Endardi (Ed.), DEMI BAHASA BERMANFAAT DAN BERMARTABAT: PERCIKAN PEMIKIRAN STRATEGI KEBAHASAAN DALAM DINAMIKA BAHASA, PENDIDIKAN, DAN BUDAYA ERA KIWARI (pp. 40–54). Deeppublish Publisher.

Puspitasari, D. A. (2022). Corpus-Based Speech Act Analysis on the Use of Word ‘Lu’ in Cyber Bullying Speech. In A. F. Muntazori, M. Rifqi, N. Amzy, & S. Setiawati (Eds.), KIBAR 2020 (pp. 1–10). EAI. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2020.2315314

Salbiah, A. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.30041

Sugiarto, E. (2017). Kitab PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). In Penerbit Andi.

UNICEF. (2017). Childern in a Digital World. UNICEF.

WARDANI, T. K., & IRFAN, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARATIF BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.