Unsur Kohesi dan Koherensi pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Maja

Siti Sumarni, Erna Megawati, Yulia Agustin

Abstract


Unsur Kohesi dan Koherensi Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Maja dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alat penanda dari kohesi gramatikal referensi, subsitusi, konjungsi dan koherensi berpenanda aditif, kausalitas, temporal dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik isi. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan terhadap perkembangan penanda pada teks wacana dan pengajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam silabus nomor sk/sd 3.1, Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 7 Maja yang mempelajari mengenai penulisan teks deskripsi dengan indikator yang mengamati model-model teks deskripsi, pertama merumuskan pengertian dan menjelaskan isi teks deskripsi, kedua mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaan dan keempat mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.


Keywords


Alat Penanda Kohesi Gramatikal Konjungsi; Referensi; Subsitusi dan Alat Koherensi Berpenanda Aditif; Kausalitas; Temporal

Full Text:

PDF

References


Alwi, H, dkk. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Cetakan IX). Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Anderson , W, L. 2015. Pembelajaran,Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, E. Z. (2012). Teori dan kajian wacana bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Arifin, E. Z. (2015). Wacana transaksional dan interaksional dalam bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum. Yogyakarta: Gava Media.

Finoza, L. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Diksi

Hanafiah, W. (2014). Analisis kohesi dan koherensi pada wacana buletin jumat. Epigram, 11(2),135-152. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/676

Harsiati, Titik, dkk. (2017). Buku guru: bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII edisi revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hartono,Bambang. (2012). Dasar-dasar Kajian Wacana. Semarang:Pustaka Zaman.

Kurniasari, A. H., Sumarwati, S., & Ulya, C. (2017). Peranti kohesi gramatikal dan leksikal pada tulisan deskripsi siswa kelas VIII SMP dan relevansinya sebagai materi ajar bahasa Indonesia. Basastra, 4(1), 1-18. https://www.researchgate.net/publication/341275886_

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan koherensi paragraf dalam karangan narasi mahasiswa teknik angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1),73-82. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/3924

Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., & Sasangka, S. S. T. W. (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta : Badan Pengembangan Pembinan Bahasa.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktarini, Y. D. (2012). Analisis kohesi dalam karangan narasi siswa kelas VII SMP N 3 Godean. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zaimar, Kusuma, O., dan Harahap, A. B. (2015). Teori wacana. Jakarta: Penaku




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.