Teknik Mind Mapping dalam Pemanfaatan Media Padlet di Sekolah Dasar

Bambang Sumadyo, Elyza Martiarini, Dewi Indah Susanti, Jatut Yoga Prameswari

Abstract


Pembelajaran hybird merupakan inovasi pembelajaran di era pandemi covid-19 saat ini dan seterusnya. Pada penerapannya guru harus berpikir kreatif dan inovatif dalam menyediakan media pembelajaran bagi siswa karena terkadang antara guru dan siswa dipisahkan oleh jarak atau tidak dapat bertatap muka langsung (daring). Tidak hanya media yang menjadi penting, tetapi guru juga perlu memperbarui teknik pembelajaran. Teknik pembelajaran yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang baru dan menarik, tentu akan membuat siswa semangat dalam belajar. Teknik mind mapping sendiri dapat diterapkan dalam penggunaan media Padlet. Teknik tersebut merupakan cara yang tepat dalam membuka potensi siswa. Melalui gambar, warna, nomor, bahkan logika dapat membuat anak semakin optimal dalam belajar. Padlet dapat menjadi solusi bagi para guru untuk memperbarui media pembelajaran bagi siswa. Dengan menggunakan teknik mind mapping yang menyenangkan dengan penggunan media Padlet yang kekinian akan menciptakan suasana belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru tematik dan siswa kelas 5 SDIT Nurul Yaqin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mind mapping dalam pemanfaatan media Padlet menjadikan siswa lebih kreatif, inovatif, dan kritis. Teknik mind mapping dan Padlet menjadi tempat kolaborasi antara guru dan siswa secara bersamaan dalam berbagi ide maupun pemikiran, baik berupa video, gambar, maupun teks, dan menciptakan pembelajaran yang optimal.

Keywords


Teknik Mind Mapping; Pemanfaatan Padlet

Full Text:

PDF

References


-Article Text-1509-1-10-20190329. (n.d.).

Ellis, D. (2015). Using Padlet to increase student engagement in lectures CURVE is the Institutional Repository for Coventry University (Vol. 29).

Erwanda, R. O. D., Malaikosa, Y. M. L., & Wana, P. R. (2022). IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN KARANGBANYU 1. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 125-134.

Abd Karim, R., Abu, A. G., & Khaja, F. N. M. (2016, November). Brainstorming approach and mind mapping in writing activity. In Proceedings of English Education International Conference (Vol. 1, No. 2, pp. 423-429).

McGill, T. J., & Klobas, J. E. (2009). A task-technology fit view of learning management system impact. Computers and Education, 52(2), 496–508. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.10.002

Md Deni, A. R., & Zainal, Z. I. (2018). Padlet as an educational tool: Pedagogical considerations and lessons learnt. ACM International Conference Proceeding Series, 156–162. https://doi.org/10.1145/3290511.3290512

Rasmuin, R., & Nafisah, D. (2019). THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING IN TARKIB LEARNING TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.151

Shuker, M. A., & Burton, R. (2021). Educational Technology Review: Bringing people and ideas together with ‘Padlet.’ Journal of Applied Learning & Teaching, 4(2), 121–124. https://doi.org/10.37074/jalt.2021.4.2.9

Simanjuntak, S. Y., Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136.

Suwendra, W. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. NilaCakra.

Suyanto, A. (2015). The Effectiveness of Mindmapping in Improving Students’ Writing Skill Viewed from Their IQ. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 2(2), 101–119. https://doi.org/10.15408/ijee.v2i2.3089

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of learning management systems in learning efforts during a pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.