Penerapan Media Jenga dalam Program Literasi Kampus Mengajar 4 di SDN Sanggar Jaya

Fitria Iswari

Abstract


Literasi merupakan kemampuan yang penting dalam proses pendidikan, karena kemampuan literasi mencakup kemampuan membaca, menulis dan berbicara. Program kampus mengajar adalah salah satu program pemerintah yang berfokus pada literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membantu guru dan kepala sekolah dengan membaktikan ilmu, keterampilan, dan menginsiparasi para siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi  data yang diperoleh dari pretes AKM kemampuan literasi siswa SDN Sanggar Jaya Cibinong, yang menunjukan 34,4% kemampuan literasi siswa. Media jenga dipilih sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini terdiri dari 48 balok, yang masing- masing balok memiliki pertanyaan terkait literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan dalam pengaplikasian media jenga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melui observasi dan wawancara dilapangan. Data menunjukan 80% dari 39 siswa mampu menjawab 48 soal dengan benar, tidak hanya itu para siswa merasa senang dan bersemangat dalam memainkan media jenga.

Keywords


Media; Jenga; Literasi; Kampus

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. PROCEEDING UMSURABAYA, 324–331. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Chayani, A. D., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08, 302–312

Farihatin, Anisa Rohmati. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2017). Karakteristik Tes Literasi Membaca pada Programme for International Student Asessment (PISA). BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi

Jaya, Novian Triwidia. (2010). Hypnoteaching, Bukan Sekedar Mengajar. Bekasi : Dbrain

KemenkoPMK.(2019) www.kemenkopmk.go.id. Diakses pada 20 oktober 2022.

Kuder, S Jay & Cindi Hasit. (2002). Enhancing Literacy for All Students. USA: Pearson Education Inc

McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion. DOI: 10.1177/0267659114559116

Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications.

Mulyasa. (2006). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Park, Hyunjoon. (2008). Home Literacy Environment and Children’s Reading Performance: A Comparative Study of 25 Countries. Educational Research and Evaluation, 14 (6), Desember 2008, 489 – 505.

Prihartini, Fitria Widi. (2017). Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ramadhani, N., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (Mosik)” Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 235–245

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Scott, L. (2009). About Jenga. Diakses dari: http://discovergames.com/ about_jenga.pdf. pada tanggal 2 JOktober 2022

Sudirjo, E. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–11.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S. dkk. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3).

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zaman, B., Hermawan, A.H., Eliyawati, C. (2009). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.