Penerapan Media Jenga dalam Program Literasi Kampus Mengajar 4 di SDN Sanggar Jaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. PROCEEDING UMSURABAYA, 324–331. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Chayani, A. D., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08, 302–312
Farihatin, Anisa Rohmati. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2017). Karakteristik Tes Literasi Membaca pada Programme for International Student Asessment (PISA). BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi
Jaya, Novian Triwidia. (2010). Hypnoteaching, Bukan Sekedar Mengajar. Bekasi : Dbrain
KemenkoPMK.(2019) www.kemenkopmk.go.id. Diakses pada 20 oktober 2022.
Kuder, S Jay & Cindi Hasit. (2002). Enhancing Literacy for All Students. USA: Pearson Education Inc
McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion. DOI: 10.1177/0267659114559116
Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications.
Mulyasa. (2006). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Park, Hyunjoon. (2008). Home Literacy Environment and Children’s Reading Performance: A Comparative Study of 25 Countries. Educational Research and Evaluation, 14 (6), Desember 2008, 489 – 505.
Prihartini, Fitria Widi. (2017). Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Ramadhani, N., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan Media Educational Game “Monopoli Fisika Asik (Mosik)” Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 235–245
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Scott, L. (2009). About Jenga. Diakses dari: http://discovergames.com/ about_jenga.pdf. pada tanggal 2 JOktober 2022
Sudirjo, E. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–11.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S. dkk. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3).
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zaman, B., Hermawan, A.H., Eliyawati, C. (2009). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.