Rancangan Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia pada Universitas Indraprasta PGRI

Randi Ramliyana, Vickry Ramdhan

Abstract


Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) pada regulasi pendidikan tinggi dianggap sebagai produk kebijakan secara jelas dan tegas mengandung empat unsur kompetensi atau kecakapan pembelajaran berupa sikap, ilmu pengetahuan, pemberian keterampilan khusus, dan keterampilan umum. Hal tersebut ditegaskan di dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan pendidikan berbasis luaran (Outcomes Based Education/OBE). Dalam kurikulum berbasis OBE, mahasiswa tidak hanya mempelajari sesuatu, tetapi juga menguasai, mengerti, memaknai, dan melakukan sesuatu. Orientasi inilah yang ditekankan dalam capaian pembelajaran MKWK, salah satunya adalah mata kuliah Bahasa Indonesia. Pada mata kuliah Bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran baik secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, menjadikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan menjadi alat pemersatu bangsa. Oleh karena itu, rancangan pembelajaran MKWK Bahasa Indonesia di Universitas Indraprasta PGRI menggunakan pembelajaran tranformatif dengan menghasilkan sebuah luaran yang berbasis proyek yang dapat memecahkan permasalahan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan menjelaskan secara lebih rinci rancangan pembelajaran transformatif MKWK Bahasa Indonesia di Universitas Indraprasta PGRI.

Keywords


MKWK, Bahasa Indonesia, Mahasiswa; Pembelajaran Berbasis Proyek

Full Text:

PDF

References


Aman, S., Supriyanto, dan Putri, M.A., (2020). Impelemntasi BMS dengan Metode Design Thinking dalam Menghadapi Covid-19 di IKM Pati. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. 1(2): 6-14.

Ar Razi, A. Mutiaz, I.R., Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan Ui/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan temuan Barang tercecer. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan. 3(2). 75-93.

Dikti. (2011). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Sosialisasi KKNI Nasional.

Dwi Purnomo, Anas Bunyamin, Wahyu Gunawan, Ida Widianingsih, Wanodyo Sulistyani, Irsan Firmansyah. Rancangan Pembelajaran Transformatif pada MKWK dan Penciri Universitas dalam Blok Tahap Pembalajaran Bersama. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 2021; 31 (3); 371-379.

Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan MKWK. Keputusan Dirjen DIkti nomor 84/E/KPT.

Kemendikbud. (2020b). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. nomor 3.

Naim, M. Strategi Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif. Os.If. 2018.

Purnomo, D., Bunyamin, A., Gunawan, W., Widianingsih, I., Sulistyani, W., Firmansyah, I. (2021). Rancangan Pembelajaran Transformatif pada MKWK dan Penciri Universitas dalam Blok Tahap Pembalajaran Bersama. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 31 (3); 371-379.

Satriani. (2022). Rancangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Profejct Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (3); 3515-3524.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.