Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dan Media Skema Barang Kenangan

Sri Rahayu, V. Teguh Suharto, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Di antara metode dan media belajar yang dapat digunakan untuk mencapai hasil yang optimal adalah metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dan media skema barang kenangan. Metode AJJI digunakan peneliti dalam proses pembelajaran melalui rangsang benda yang dipadukan dengan pemetaan pikiran. Rendahnya kemampuan menulis teks deskripsi dapat diatasi melalui pemakaian media skema barang kenangan. Melalui penggunaan metode dan media belajar tersebut peserta didik menjadi lebih aktif menuangkan gagasan ke dalam bentuk teks deskripsi. Penelitian bertempat di MTsN 2 Ponorogo. Semester satu tahun ajaran 2022/2023 merupakan waktu pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi dapat ditingkatkan melalui metode AJJI dan media skema barang kenangan. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 74,24 dengan persentase ketuntasan 73%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 85 dan persentase ketuntasan 100%.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Peserta didik Kelas VII.1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.936

Ahmadi, Mukhsin. (1990). Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.

Putra, Nusa. (2014). Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rahayu, Ira. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan Media Skema Barang Kenangan pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 44–59. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/14532/9623

Sirait, H. H. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Memahami Peredaran Darah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament di Kelas V SD Negeri 114368 Pulo Jantan. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 5(2), 30-35.

Susilowati. (2008). “Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 2 Pasuruan dalam Menulis Deskripsi Menggunakan Metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide)”. Skripsi. Universitas Negeri Malang

Suprapto, S; Suharto, V Teguh; Irawati, Lulus. (2020). Penggunaan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa SD. Madiun: Linguista




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.