Karakter Nasionalisme: Pilihan Terbaik dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek

Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Pembelajaran menulis cerita pendek belum berjalan dengan baik, sehingga diperlukan peningkatan kreativitas melalui penggunaan buku ajar menulis cerita pendek dengan karakter nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan buku ajar menulis cerita pendek dengan karakter nasionalisme pada SMP di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian terdiri atas perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan buku ajar menulis cerita pendek dengan karakter berbasis nasionalisme berhasil. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran, yakni 80.

Keywords


Buku Ajar; Cerita Pendek; Karakter; Nasionalisme

Full Text:

PDF

References


Andayani. (2013). Pendekatan dan Metode Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharmini. (2007). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta : Bumi Angkasa.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Grafindo.

Branson, C. (2004). Effects of Character Education on Student Behavior. Masters Theses. Paper 1252. http://thekeep.edu/theses/1252.

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Clark, C. B. (2000). The role of the institute for learning and teaching in higher education in supporting professional development in learning and teaching in higher education. Teacher Development, 4(1)

Dalimunthe, D. M. J., Fadli, and Muda, I. (2016). The application of performance measurement system model using Malcolm Baldrige Model (MBM) to support Civil State Apparatus Law (ASN) number 5 of 2014 in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research. Vol. 14 No. 11, Juli 2016.

Darma, Budi. (2007). Bahasa, Sastra dan Budi Darma. Surabaya : JP. Books.

Hasnun, Anwar. (2006). Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta : Andi Offset.

Hinta, Ellyana., Djou, Dakia., Ntelu, Asna., & Mirnawati, Mira. (2020). Character Education Comparison Of Primary School Students In Indonesia And Japan. Palarch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology. 17(9).

Listyarti, Retno dan Setiadi. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Montonye, M., Butenhoff, S., & Krinke, S. (2013). The Influence of Character Education on Positive Behavior in the Classroom. Masters of Arts in Education Action Research Papers. Paper 6.

Muljasa, Slamet. (2008). Kesadaran Nasionalisme. Yogyakarta: LKis.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmad Djoko. (1995). Beberapa teori Sastra, Metode Kritik dan. Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rodriguez, Enrique Baltar. (2017). The Origins of Muslim Nationalism in British India. Journal of Art and Humanities, Vol. 6, No. 05, Desember 2017.

Salamah, Alim., Rashid, Rabiatul Adawiah Ahmad., & Mukhtar. (2020). The Development Of Citizenship Education Learning Models Through The Addie Model To Improve Student Characters At Mulawarman University. Palarch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, Vol. 17, No. 9, Desember 2020.

Senior-Gay, B. J. (2004). Character Education and Student Discipline in Selected Elementary Schools. ETD Collection for AUC Robert W. Woodruff Library. Paper 1913.

Supratno, Haris., Raharjo, Resdianto Permata., Prehanto, Dedy Rahman., & Indriyanti, Aries Dwi. (2020). Nationalism And Multiculturalism In Islamic Perspective On Indonesian Literary Novels In The Era Of Industrial Revolution 4.0, Palarch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology. Vol. 17, No. 9. November 2020.

Suwignyo, Heri. (2004). Profil dan Perencanaan Pembelajaran Prosa Fiksi di Sekolah Menengah. Vol. 1 No. 5, Juli 2004.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.