Analisis Potensi Digitalisasi Aksara Nusantara untuk Mempersiapkan Mahasiswa dalam Menghadapi Masyarakat Digital 5.0

Syahid Syahid, Fitri Damayanti, Muhammad Iqbal Qeis, Agung Zainal Muttakin Raden

Abstract


Aksara nusantara merupakan warisan peradaban yang menjadi bukti kemajuan Indonesia dari masa ke masa. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis potensi digitalisasi aksara nusantara dengan mengidentifikasi kebutuhan dari berbagai sektor, seperti industri, pemerintah, akademisi, maupun masyarakat pengguna. Dalam menganalisis potensi digitalisasi aksara nusantara, penulis menggunakan pendekatan sirkuit budaya untuk melihat bagaimana aksara nusantara merepresentasikan budaya. Penelitian ini menghasilkan pengayaan kurikulum MBKM, terutama bidang desain komunikasi visual, industri kreatif, serta rekayasa perangkat lunak.

Full Text:

PDF

References


Du Gay, P., Hall, S., Janes, L., Madsen, A. K., Mackay, H., & Negus, K. (2013). Doing cultural studies: The story of the Sony Walkman. SAGE Publications, Available: https://books.google.co.id/books?id=qbMDAAAAQBAJ

Habibah, A., Sholihaningtias, D. N., & Pratiwi, N. K. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 4(3), 256-264. doi: 10.30998/string.v4i3.4850

Leve, A. M. (2012). The Circuit of Culture as a Generative Tool of Contemporary Analysis: Examining the Construction of an Education Commodity. Australian Association for Research in Education (NJ1).

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(05), 1185-1196.

Purwanti, E. (2021, January). Preparing the implementation of merdeka belajar–kampus merdeka policy in higher education institutions. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020) (pp. 384-391). Atlantis Press.. doi: 10.2991/assehr.k.210120.149.

Restu, R., Sriadhi, S., Gultom, S., & Ampera, D. (2022). Implementation Of The Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Curriculum Based On The RI 4.0 Platform At Universitas Negeri Medan. Journal of Positive School Psychology, 10161-10176..

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. doi: 10.47467/reslaj.v4i1.458.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201. doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.