Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Penggunaan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Erni Tri Wahyuni, Tantri Mayasari, Erawan Kurniadi

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digitalisasi. Pada era normal baru pasca-pandemi Covid-19, banyak siswa yang kurang memiliki keterampilan berpikir kritis dikarenakan pembelajaran jarak jauh yang kurang efektif dan kurang adanya pengawasan guru sehingga para siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan dengan media pembelajaran flipbook, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Kota Madiun. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan inkuiri terbimbing dengan media flipbook. Setelah diberikan perlakuan, siswa mampu menjawab soal post-test dengan langkah pemecahan berpikir kritis. Nilai siswa pun meningkat dibandingkan pada pre-test sebelum siswa diberikan perlakuan.

Keywords


Berpikir Kritis; Peningkatan; Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Adnyana, G. P. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 45 Nomor 3, 201-209.

Ennis, R. (1991). Teaching Philosophy. Illinois: University of Illinois.

Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. BiormatikaL Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 2, 122-129.

Lukman, N., Liska, B., Aditya, R., Asep, S., Rt. Bai, R., Bayu, F., et al. (2022). Syntax of the Guided Inquiry Learning Model Based on Local Wisdom of Baduy's Society Towards Scientific Literacy on Environmental Conservation Theme. Gagasan Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keteramkpilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM Vol. 1.

Richard R, H. (1999). Analyzinf Change/Gain Score. USA: Dept. of Physics, Indiana University.

Sanjaya, F. (2019). Efektivitas Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume III Nomor 1.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research Volume 5, Number 1.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.