Kesiapan Mengajar Mahasiswa Berbasis Keterampilan Abad 21
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis kesiapan mengajar mahasiswa berbasis keterampilan abad 21 yang berkaitan dengan kesiapan mahasiswa untuk menjadi calon guru. Metode yang digunakan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 14 orang yang terdiri dari 9 mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan II, 1 dosen pembimbing lapangan, 1 guru pamong, dan 3 siswa. Hasil menunjukkan bawa kesiapan mengajar mahasiswa mulai dari pemahaman keterampilan abad 21, perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan sudah sesuai dengan keterampilan abad 21 yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif dan inovatif.
Keywords
References
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran Dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619–638.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Cahyani, N. L. P. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Dan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan ( PLP ) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pada FKIP Universitas Mahadewa Indonesia Tahun 2020. Widyadari, 22(2), 677–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576032
Dwijayanti, I., Nurudin, & Sumarno. (2021). Analisis Pengembangan Pembelajaran Guru Abad 21 Dengan TPACK. NIRWASITA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 71–78.
Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275.
Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan SUmber Daya Manusia. 12(1), 29–40.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Pramudita, I. F. E., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2021). Studi Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Dalam Memilih Peminatan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 251–259. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p251
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29–31. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Saleh, C. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. Jurnal Universitas Terbuka, 1, 7–8.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Setyadi, D., Suharto, V, T., Mursidik, Elly’s, M., Wibowo, Agus, H., Chasanatum, F., Pradana, Lingga, N., Kadafi, A., Dewi, C., Meikayanti, Ermi, A., Nur, Amirudin, I., & Wachid, C. (2021). Pedoman Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2.
Siti Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
WIDYANTO, P. (2020). Satya Sastraharing Vol 04 No. 02 Tahun 2020 https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.