Penggunaan Analisis Pareto dalam Program Literasi Siswa pada Kampus Mengajar 5 di SDN Cijambu Bandung Barat

Fitria Iswari, Henny Suharyati

Abstract


Program Kampus Mengajar memiliki tujuan dalam pemerataan pendidikan. SDN Cijambu Bandung Barat termasuk sekolah sasaran  yang memiliki angka literasi yang rendah hal ini ditunjukan hasil  pre-test AKM sebanyak  43% siswa menjawab benar untuk kemampuan literasi. Tujuan penelitian ini ialah menggunakan Pareto dalam pemecahan masalah literasi dan diterapkan ke dalam program KM5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara Analisis data menggunkan analisis Pareto. Hasil Pretest dan post test AKM diambil dari data Program Kampus Mengajar 5 .Hasil dari penelitian ini ditemukan 3 masalah literasi pada siswa yaitu : menemukan informasi tersurat, menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks informasi, mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh pada teks fiksi. Dari permasalahan tersebut dibuat 3 program unggulan yaitu: 1) SERASI, 2) Smart Class,3) Kotak Sarapan Pagi. Dari hasil post test AKM kemampuan literasi siswa mampu menjawab benar 73% dengan kata lain terjadi peningkatan 30% .Dapat disimpulkan Analisis Pareto dapat digunakan sebagai solusi pemecahan masalah dengan melakukan perbaikan pada hal- hal yang penting untuk mendapat hasil/ perbaikan yang besar dan signifikan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti sekolah dengan berbagai karakteristik untuk memperluas temuan dan ahsil temuan dapat digunakan secara umum di sekolah manapun, sehingga tujuan pemerataan pendidikan dapat tercapai secara lebih menyeluruh.


Keywords


Analisis Pareto; Literasi; Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

References


D. G. S. Harahap, F. Nasution, E. S. Nst, dan S. A. Sormin, “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, hal. 2089–2098, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2400.

Y. Rahmawati dan H. Suharyati, “Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 2, hal. 977, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.2.977-984.2022.

E. S. T. Rantenay, “Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Melalui Pojok Baca Untuk Mengantisipasi Buta Huruf Bagi Anak-Anak Di Desa Doda,” J. Mutiara Ilmu Akunt., vol. 1, no. 2, hal. 155–164, 2023.

I. W. Antasari, “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas Indah,” Libria, vol. 9, no. 1, hal. 274–282, 2020.

F. Iswari, “Penerapan Media Jenga dalam Program Literasi Kampus Mengajar 4 di SDN Sanggar Jaya,” Pros. Konf. Berbahasa Indones. Univ. Indraprasta PGRI, hal. 111–120, 2023, doi: 10.30998/kibar.27-10-2022.6305.

M. N. Andi Amri1, “E m i k,” J. Ilm. ILMU-ILMU Sos., vol. 5, no. 2, hal. 222–240, 2022.

T. Marjan Fuadi, “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi.,” Pros. Semin. Nas. Biot., vol. 9, no. 2, hal. 38, 2022.

A. R. Farihatin, “Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta),” Duta.Com, vol. 9, no. 1, 2015.

and K. Putra, Sasongko, Purwanto, “Perencanaan Pertanian Berkelanjutan Di Kecamatan Selo,” Pros. Semin. Nas. Pengelolaan Sumberd. Alam Dan Lingkung., vol. 1, 2013.

Ms. T. Anitha, “An Emphasis on Reading Skill Using Pareto Principle,” J. Emerg. Technol. Innov. Res., vol. 5, no. 8, hal. 134–137, 2018, [Daring]. Tersedia pada: www.JETIR.org

A. E. Nasution, “E-KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital,” IQRA J. Ilmu Perpust. dan Inf. (eJournal, vol. 13, no. 1, 2019.

Neill, “Applying the Pareto Principle to the analysis of students ’ errors in grammar , mechanics and style,” High. Educ. J., vol. 34, hal. 1–12, 2017.

Machali, “Manajemen pengembangan TPQ,” An-Nur, vol. 6, no. Manajemen, hal. 1–8, 2014.




DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.