Pandangan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Dengan meningkatnya pilihan aplikasi yang digunakan para pengajar di era globalisasi ini, youtube merupakan salah satu aplikasi yang dapat diandalkan untuk dipakai. Aplikasi yang dipilih ini pun harus sesuai dengan pilihan pemakainya yaitu mahasiswa. Untuk itu artikel ini menyajikan pandangan mahasiswa dalam memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran, khususnya bahasa Indonesia. Penelitian singkat yang dilakukan dengan google form, dan dianalisis sesuai dengan jawaban responden, menyajikan pandangan 51 responden mahasiswa bahasa Indonesia semester genap 2023-2024 di Binus University. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran yang mereka rasa efektif dan hendak merekomendasikan kepada yang lain untuk melakukannya. Tentu saja materi yang diakses sesuai dengan topik yang sedang dibahas, dan pengajar hendaknya juga mengawasi penggunaannya dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mujianto H. Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. 2019; 5(1): 135-159. www.journal.uniga.ac.id 135 Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut. P-ISSN: 2461-0836; E-ISSN: 2580-538X.
Paudi, MH. Penggunaan video sebagai medium pembelajaran kendiri untuk meningkatkan produktiviti Belia Tani. Journal of Personalized Learning. 2021; 4(1): 43-56. https://spaj.ukm.my/jplearning/index.php/jplearning/article/view/168
Latif A. Pemanfaatan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan agama Islam di era digital. Jurnal Tahsinia. 2023; 4 (2): 387-400. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/232
Hanafiah, H. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 2022; 5(10): 4524–4529.
Mareta, TA dkk. Peran Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi dalam Pendidikan Generasi Z. GURUKU : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora. 2025; 3 (1): 98-106 DOI: https://doi.org/10.59061/guruku.v3i1.894
DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8093
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.