Kemasan sebagai (Satu-Satunya) Media Branding Produk UMKM (Studi Kasus Desain Kemasan Belimbing Olahan UMKM Depok)

Ariefika Listya, Yayah Rukiah

Abstract


Penelitian ini berfokus pada studi visual branding produk lokal asal Depok produksi UMKM. Depok memiliki produk komoditas unggul dalam pertaniannya yakni belimbing jenis dewa. Pengolahan belimbing menjadi makanan dan minuman olahan dilakukan guna menambah nilai tambah buah belimbing. Ada lima merek produk belimbing olahan di Depok, yaitu Rasa Dewa, Totoka, Delira, Maharani,dan Olavera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ilmu pemasaran dan pendekatan estetika. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Observasi dilakukan dengan mengamati keberadaan kemasan dan media promosidi pusat penjualan serta mengamati elemen visual branding pada media-media tersebut. Hanya 1 merek yang memiliki media online berupa website dan blog, serta hanya 3 merek yangmemiliki media promosi banner yang tertempel di toko dan rumah pemilik UMKM, oleh karena itu kemasan nampaknya merupakan media branding yang utama bagi UMKM. Wawancara dilakukan terhadap pakar branding dan pemilik UMKM. Kemasan dari kelima merek tersebut dianalisis fungsi kemasannya sebagai branding terkait produk lokal asal Depok. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui kondisi dan posisi kemasan dalam branding produk UMKM, serta mengetahui visual branding merek produk belimbing olahan Depok melalui desain kemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima merek kurang memaksimalkan desain kemasan sebagai kemungkinan satu-satunya media branding. Hasil penelitian juga menunjukkan visual branding kelima merek tersebut belummemiliki keunikan tersendiri dan belum merepresentasikan produk lokal asal Depok.


Keywords


Visual Branding; Desain Kemasan; UMKM; Depok

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2015). Aaker on Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Ahonen, M. (2008). Branding-does it even exist among SMEs. In Proceedings of the 16th Nordic Conference on Small Business Research (Vol. 202).

Ambrose, H. (2011). Packaging the Brand: The Relationship Between Packaging Design and Brand Identity. Bloomsbury Publishing.

Dewi, I. (2009). Creating and sustaining brand equity. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian. (2012). Buku Petunjuk Teknis Penilaian, Klasifikasi dan Pembinaan Produk OVOP.

Durrieu, F. (2008). Impact of Brand Identity on Labelling: The Case of Regional Brand Ing. 4th International Conference of the Academy of Wine Bussiness Research, Siena, 17-19 July 2008.

Ehsan dan Lodhi (2015:599)

Hidayat, M. J. (2009). Analisis Industry Budaya pada Desain Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah. Asintya Jurnal Penelitian seni budaya, 1 (2).

Hidayat, dkk. (2014). Praktik Identitas dalam Desain Kemasan. Jurnal Panggung, 24 (4), 399-408.

Mohebbi, B. (2014). The Art of Packaging: an Investigation into the Role of Color in Packaging, Marketing, And Branding. International Journal of Organizational Leadership, 3 (3),92-102.

Natadjaja, L., Cahyono, Y. B., Yuwono, E. C. (2009). Kondisi Desain Kemasan Produk Makanan Ringan dan Minuman Instant pada Industri Kecil Skala Rumah Tangga (Micro

Industry) Di Kabupaten Kediri. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 11 (2), 93-105.

Sari, N L. D I. (2011). Desain Kemasan sebagai Strategi Branding Produk Cokelat Bali. Capture Jurnal Seni Media Rekam, 2 (2), 20-29.

Sudarwati, Y., &Satya, V. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Microfinance, Small, and Medium Enterprises Brand Ing Strategy). Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4 (1), 89-101.

Underwood, R. L. (2003). The Communicative Power of Product Packaging: Creating Brand Identity Via Lived and Mediated Experience. Journal of Marketing Theory and Practice, 9 (Winter), 62-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.