Analisa dan Perancangan Multimedia Interaktif Kawasan Museum Adityawarman Sumatera Barat

Robby Usman, Aggy Pramana Gusman, Devia Kartika

Abstract


Pariwisata budaya diyakini memiliki manfaat positif secara ekonomi dan sosial budaya. Jenis pariwisata ini dapat memberikan keuntungan ekonomi kepada masyarakat lokal, dan di sisi lain dapat melestarikan warisan budaya yang sekaligus berfungsi sebagai jati diri masyarakat bersangkutan. Museum merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia. Perancangan Multimedia Interaktif Museum Adityawarman ini bertujuan menarik minat masyarakat untuk mengunjungi Museum Adityawarman dan mendapatkan edukasi dari hasil kunjungan mereka.konsep perancangan multimedia interaktif Museum Adityawarman adalah merancang media interaktif yang menarik serta ber-edukasi. Strategi kreatif yang akan dilakukan perancang adalah dengan menginterpretasikan kondisi Museum Adityawarman dalam bentuk flat design. Hasil perancangan ini berupa aplikasi android Multimedia Interaktif Museum Adityawarman. Selain itu juga dirancang media pendukung yang bertujuan mendukung media utama dalam ―Perancangan Multimedia Interaktif Museum Adityawarman‖, seperti : poster, xbanner, sticker, gantungan kunci, mouse pad, topi, baju kaos, payung, billboard, pin, mook, dan note book. Kebanyakan dari media pendukung adalah merchandise karena media pendukung nantinya juga akan berfungsi sebagai reward dari permainan asah otak.

Keywords


Multimedia Interaktif; Museum; Promosi; SWOT

Full Text:

PDF

References


Cenadi, C. S. (1999). Elemen-elemen dalam desain komunikasi visual. Nirmana, 1(1).

Chandra. (2005). Menu Interaktif Flash MX 2004. Palembang: Maxikom.

Cotton, B. (1990). The New Guide to Graphic Design. Phaidon, Oxford

Hisrich, R. D. & Peters, M. P. (1991). Marketting Decisions for New and Mature Products. New York: Macmillan Publishing Co.

Kertajaya, H. (1996). Marketting Plus 2000 Siasat Memenangkan Persainagn Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. dan Amstrong, G. (1998). Marketing: An Introduction, 3rd Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kusrianto, A. (2006). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Mulyanta, E. S. (2003). Tutorial Tuntas Macromedia Studio MX. Yogyakarta: Andi Offset.

Sampurna. (2001). Seri Penuntun Praktis Macromedia Flash 5.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sarwono, J. dan Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sutopo, A.H. (2003). Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyadi. (2004). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.