Analisis Budaya Visual Pada Iklan Glow and Lovely Jessica Milla Ramadhan 2022
Abstract
Penilaian masyarakat terhadap penampilan seorang wanita didasari oleh adanya standar
kecantikan yang selama ini tersebar. Wanita yang tidak memenuhi standar kecantikan
biasanya akan mendapat komentar atau kritikan tentang penampilannya dari orang lain
sehingga wanita tidak percaya diri. Isu insecurity yang berhubungan dengan standar
kecantikan wajah wanita banyak diangkat ke dalam sebuah media iklan. Adapun metode
penelitian yang digunakan dalam artikel ilmiah ini ialah metode kualitatif dengan
menggunakan studi literatur dari jurnal, artikel ataupun website resmi sebagai
referensinya. Pada artikel ini, akan menggunakan teori budaya visual Roland Barthes dan
mitos yang terdapat pada iklan Glow & Lovely. Glow and Lovely terkenal dengan isi
iklannya yang menggambarkan insecurity seorang perempuan terhadap masalah kulit
wajahnya. Tujuan dari peneltitian ini adalah untuk menganalisis, menjabarkan serta
mengetahui makna dan intrepetasi citra visual, female gaze, serta mitos dari iklan
kecantikan Glow & Lovely 2022.
Full Text:
PDFReferences
Adinda, R. (2021). Apa Itu Gesture & Macam-Macam Body Gesture. [Online]. Diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/gesture/.
Ardan, Farrel. (2021). Pengertian, Jenis-Jenis, serta Fungsi Media. [Online]. Diakses dari https://m.mediaindonesia.com/humaniora/451206/pengertian-jenis-jenis-serta-fungsi-media.
Durianto, Darmadi, dkk. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Efektif. Jakarta; Cetakan GramediaPustaka.
Fimela. (2012). Fair & Lovely, Kulit Tampil Cantik Alami. [Online]. Diakses dari https://www-
fimela-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.fimela.com/amp/3715937/fair-amp-lovely-kulit-tampil-cantik-alami?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_ct=16892
&_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16892600231289&referrer=https%3A%2F
%2Fwww.google.com&share=https%3A%2F%2Fwww.fimela.com%2Flifestyle%2Fre
ad%2F3715937%2Ffair-amp-lovely-kulit-tampil-cantik-alami.
Hariyadi, G. T., dkk. (2020). Upaya Brand Salience Untuk Mendorong Terjadinya Brand
Resonance. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5 (1), 122-135.
Kabelen, N. W. (2022). Analisis Dramatisasi Shot Video pada Iklan Sampo “Pantene”. Jurnal
Desain Komunikasi Visual Nirmana, 1 (22), 1-7.
KBBI. (2023). Arti Kata Ekspresi. [Online]. Diakses dari
https://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/ekspresi.html.
Limbong, E. G. (2021). Elemen-Elemen Iklan Dalam Menyampaikan Pesan Komunikasi Iklan XL Berjudul “Pesan Untuk Raka”. GANDIWA: Gagasan Media dan Wacana, 1 (1), 12-23.
Mahasiswa/i UAI. (2021). Perempuan dan Standar Kecantikan. [Online]. Diakses dari https://komahi.uai.ac.id/perempuan-dan-standar-kecantikan/.
Nurhablisyah, Raharja. D. M. (2022). Problematika Sosial Di Balik Citra Drama Korea: Sebuah
Tinjauan Budaya Visual. GANDIWA: Jurnal Komunikasi, 1(2), 20-31.
Putra, I Gede A. E. (2021). Pembingkaian Standarisasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan
(Analisis Framing Zhongdang Pan dan Kosicki pada Iklan Wardah Versi Dinda Hauw).
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Rahmawati, Yuli S., dkk. (2022). Analisis Insecurity Dalam Standar Kecantikan Film Imperfect
Dengan Semiotika Roland Barthes. Journal Of Digital Communication and Desain
(JDCODE), 1 (2), 94-102.
Unilever Indonesia. (2023). Glow & Lovely Multivitamin + Glow Serum Memberimu Wajah
Vitaglow. [Online]. Diakses dari https://www.unilever.co.id/brands/beauty-
wellbeing/glow-lovely/.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.