Analisis Iklan Ruangguru: Beragam Fitur Belajar Seru #CumaAdaDiRuangguru

Naila Hanin Hanifah, Muthia Syifa, Ponco Prasetyo, Nathanael Yoga

Abstract


Perkembangan teknologi semkin berkembang pesat. Teknologi memainkan peran
sentral dalam aktivitas periklanan di era sekarang. Periklanan tidak lagi hanya tentang
penjualan produk, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman yang menarik bagi
konsumen. Konsumen mengharapkan konten yang informatif, inspiratif, atau hiburan
yang bernilai, yang dapat menciptakan keterlibatan dan ikatan emosional dengan
merek. Salah satunya bentuk inovasi pendidikan yang semakin populer terlebih
semenjak adanya pandemi COVID-19 silam adalah aplikasi belajar online, yaitu sebuah
platform pendidikan digital yang menyediakan layanan bimbingan belajar secara daring
(online). Aplikasi yang populer hingga saat ini yaitu Ruangguru. Ruangguru merupakan
layanan jasa di bidang Pendidikan. Sebuah platform pendidikan digital yang
menyediakan layanan bimbingan belajar secara daring (online). Di Ruangguru, siswa
dapat mengakses beragam materi pembelajaran, video, latihan soal, dan tutor online
yang siap membantu dalam pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Artikel ini
berupaya memberikan Analisis kajian tentang Iklan sebagai media promosi Ruangguru.
Dimana Iklan menjadi peran penting sebagai Citra yang memiliki pandangan yang luas
terhadap budaya visual, sehingga Iklan dapat menjadi bagian dari budaya visual.


Full Text:

PDF

References


American Marketing Association (AMA)

Arsyad. (2017). Bab II kajian teori. BAB 2 Kajian Teori, 1, 16–72.

Firdausy, Y., & Fauziah, A. N. M. (2021). Penerapan pembelajaran daring melalui platform belajar smartify terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan.

Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 370–377. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40836

Dewi, R. S., Simanungkalit, E. J., & Bhuwana, A. M. S. (2021). Analisis Desain Antarmuka pada Aplikasi “Ruang Guru” di Era Society 5.0 (Analysis of User Interface Design of ‘Ruang Guru Application’ in The Modern Era of Society 5.0). Seminar Nasional Desain, 1, 1–8.

Setiadi, T. (2023). Manajemen Corporate Image melalui Media Sosial: Studi Literatur tentang Citra Perusahaan dan Perkembangan Teknologi Media. Universitas Negri Surabaya.

Ruslan, R. (2003). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Marini, Y., Marina, N., Nasution, M. M., Lubis Arafat, M., & Suriani, I. (2021). Aplikasi Ruang Guru Untuk Pembelajaran Di Era Covid-19. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(2), 198–214.

Maryati, Darna, N dan Muhidin, A. (2020). PENGARUH CITRA PERUSAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASN KONSUMEN. Universitas Galur Pendidikan Ekonomi, Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.