Analisis Teori Semiotika Rolland Barthes Pada Iklan Pepsodent Herbal #Nafas segar 18jam
Abstract
Iklan adalah salah satu sarana promosi yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari
pengiklan kepada target audiensnya. Salah satu media yang efektif digunakan untuk
menampilkan iklan adalah televisi. Televisi mampu menampilkan video dengan informasi detil mengenai suatu produk yang diiklankan. Kelebihan ini dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan sebagai media periklanan, salah satunya adalah Pepsodent. Iklan dari Pepsodent dengan tema “Nafas Segar 18 Jam” memiliki penggambaran dan alur cerita yang menarik untuk dikaji. Kajian yang akan digunakan yakni menggunakan teori semiotika Rolland Barthes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video iklan Pepsodent Herbal ‘Nafas Segar 18 Jam’. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam bentuk bagan tanda. Penelitian ini juga bertujuan untuk dapat mengetahui makna iklan yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada target audiens nya. Dalam iklan tersebut Pepsodent juga membangun kesan bahwa dirinya merupakan solusi dari berbagai permasalahan bau mulut di masyarakat yang ditunjukkan dari makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam iklan ini.
Full Text:
PDFReferences
Priambodo, R., (2017). Analisis Makna Denotasi dan Konotasi dalam Iklan Bukalapak pada serial Youtube “Medok Pendekar Jari Sakti”. Jurnal Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik dan Kebijakan. 21(2) Hal. 110-127
Sadewo, S. & Ikaryati, P., F. (2016). Analisis Diskursus Iklan Pasta Gigi Pepsodent. Paradigma: Jurnal Online Mahasiswa S1 Sosiologi UNESA, 4(1), Hal. 1-7 Gambar 1: https://logos-world.net/pepsodent-logo/Video Iklan Pasta Gigi Pepsodent Herbal “Tetap Segar 18 Jam”: https://youtu.be/q0JC_U8f34s
Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726-733.
Try, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua terhadap Cita-cita Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 364-374
Permana, M. Z., & Lesthari, F. (2022). “Mengapa Hidup yang Abstrak Membuat Cita-Cita Lebih Abstrak”(Gambaran Cita-Cita Mahasiswa di Fakultas Psikologi UNJANI). PSIKOLOGI KONSELING, 20(1), 1377-1389.
Kaufman, Gayle. 1999. The Potrayal of Men’s Family Roles in Television Commercials. Diakses pada www.researchgate.net (28 Oktober 2015, pukul 21.15 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.