Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Appeton Weight Gain - Pengantin
Abstract
Penelitian ini menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mengungkapnya mitos dan
ideologi tertanam dalam iklan televisi. analisis ini mencoba menjelaskan bagaimana produk dikonsumsi dan digunakan, bekerja secara ideologis, mengamati hubungan dinamis antar tanda dan penanda dalam mitos iklan televisi. Penggunaan simbol-simbol seperti bentuk tubuh laki laki yang ideal, menunjukkan eksploitasi baik secara fisik maupun non fisik. Ideologi dibalik iklan ini adalah konsumerisme dan kapitalisme
Kata kunci: iklan Appeton Weight Gain, semiotika Roland Barthes, denotasi, konotasi, iklan
Full Text:
PDFReferences
Sartini, N. W. (2007). Tinjauan teoritik tentang semiotik. Masyarakat, Kebudayaan Dan
Politik, 20(1), 1-1
Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2017). Analisis semiotika roland barthes pada ritual otonan
di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-217.0.
Susanto, E. H. (2014). Dinamika pesan iklan. Jurnal Komunikasi, 6(2), 1-9.
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi
Pond’s men# Lelakimasakini (analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi
maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.