Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Appeton Weight Gain - Pengantin

Zidan Khatam, Muhammd Maulana Nur Hakim, Fadhil Ahmad Wicaksana, Nurun Nazmi, Rizki Pratama

Abstract


Penelitian ini menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mengungkapnya mitos dan
ideologi tertanam dalam iklan televisi. analisis ini mencoba menjelaskan bagaimana produk dikonsumsi dan digunakan, bekerja secara ideologis, mengamati hubungan dinamis antar tanda dan penanda dalam mitos iklan televisi. Penggunaan simbol-simbol seperti bentuk tubuh laki laki yang ideal, menunjukkan eksploitasi baik secara fisik maupun non fisik. Ideologi dibalik iklan ini adalah konsumerisme dan kapitalisme
Kata kunci: iklan Appeton Weight Gain, semiotika Roland Barthes, denotasi, konotasi, iklan


Full Text:

PDF

References


Sartini, N. W. (2007). Tinjauan teoritik tentang semiotik. Masyarakat, Kebudayaan Dan

Politik, 20(1), 1-1

Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2017). Analisis semiotika roland barthes pada ritual otonan

di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-217.0.

Susanto, E. H. (2014). Dinamika pesan iklan. Jurnal Komunikasi, 6(2), 1-9.

Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi

Pond’s men# Lelakimasakini (analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi

maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.