Meta Short Yang Merubah Algoritma Sosial Media Instagram

Rifa Ardiansah Kayla, Muhammad Farhan

Abstract


Saat ini video pendek telah menjadi tren yang sangat populer dimedia sosial. Salah
satu sosial media yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah, Instagram Reels. Suatu
fitur berupa video pendek yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh Instagran. Fitur ini
memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video dengan durasi maksimal 30
detik. Fenomena meta short ini sedang ramai dilihat dan dipakai oleh para pembuat
konten dimedia sosial. Berubahnya algoritma media sosial Instagram yang tadinya hanya
bisa berbagi foto sekarang menjadi video-video pendek, merupakan hal-hal yang menarik. Meta Short merupakan istilah yang merujuk pada video video pendek yang ada pada media sosial Tiktok dan Instagram. Kali ini akan membahas meta short pada media sosial Instagram Reels. Instagram merupakan platform media sosial yang berbasis foto dan video. kemampuan berbagi yang lebih baik. Tidak seperti Stories yang hilang setelah 24 jam, Reels Instagram dapat dilihat dan dibagikan kapan pun.lalu Video Reels Instagram juga muncul di menu “Explore” dan menyebarkan kontenmu ke banyak pengguna. Karena alasan itu meta short bisa merubah algoritma media sosial terutama di Instagram Reels.


Full Text:

PDF PDF

References


Junawan. H, Nurdin. L (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp

Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Kosentrasi ilmu

perpustakaan dan informasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prihatiningsih. W. (2017). MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN

REMAJA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional

“Veteran” Jakarta.

Salsabila. D, Pandan. Y, Gema. N. B. MOTIF KHALAYAK DALAM MENGAKSES KONTEN BERITA DI

INSTAGRAM REELS @NARASINEWSROOM. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu

Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Salma. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Definisi, Jenis, Karakteristiknya. [Online]. Diakses

dari https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.