Representasi Visual Pada Iklan Lay's Edisi Smile Pack
Abstract
Iklan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah iklan televisi dari Lay’s edisi Smile Pack yang merepresentasikan senyum pada iklan tersebut melalui tagline “Tersenyumlah Indonesia”. Pada sebuah iklan, tentunya terdapat berbagai macam pesan yang disampaikan, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu, penguraian makna yang terdapat pada iklan tersebut perlu dilakukan dengan cara melakukan analisis pada iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian yang membahas tentang iklan Lay’s edisi Smile Pack tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, kemudian penelitian ini akan mengidentifikasi elemen visual, citra, pandangan, mitos, simulasi, dan juga simulacra yang terdapat pada iklan dari Lay’s edisi Smile Pack. Penelitian yang akan mengidentifikasi iklan tersebut dalam pembahasan ini dimaksudkan agar dapat menginterpretasikan berbagai makna, pesan, serta tujuan yang terdapat pada objek, dalam hal ini visualisasi iklan Lay’s edisi Smile Pack. Penelitian yang dilakukan terhadap iklan Lay’s edisi Smile Pack ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan atau makna pada iklan tersebut, mengetahui tujuan pembuatan iklan tersebut, serta mengurai makna dan pesan yang terdapat pada iklan tersebut menggunakan kajian budaya visual, yaitu persepsi citra visual, simulasi, dan mitos. Temuan dari penelitian yang sudah dilakukan dalam mencari makna, dapat disimpulkan bahwa dalam iklan Lay’s edisi Smile Pack tersebut memiliki berbagai macam pesan yang dihasilkan, yaitu Lay’s adalah camilan yang dapat menemani konsumennya dalam situasi apapun, dan mengajak para konsumen untuk tetap tersenyum dalam apapun kondisinya, sehingga citra dari Lay’s edisi Smile Pack ini adalah camilan yang dapat membuat kita tersenyum, merasa senang, dan bahagia.
Full Text:
PDFReferences
Baudrillard, J. (2016). The consumer society. Myths and structures. Sage.
Jaiz, M. (2014). Dasar - Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual, Edisi Kedua. Andi, Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13.
Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2006). Marketing Management (Twelfth Edition). USA:Prentice Hall, Inc.
Moleong, L. J. (2015). Metode penelitian kualitatif. cetakan Ke-XXXV. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Torrance, P.E. (1981). A Three-Stage Model Teaching for Creative Thinking. Dalam A. E. Lawton
(Editor) Science Education Information Report. Columbus. Ohio: The Eric Science,
Mathematics and Environmental Education Clearing House.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.