Analisis Tatapan Terhadap Citra Iklan Mizone “Bantu Siap Terus”

Ramadan Dhika Erlansyah, Fadillah Gilang Pradana, Muhamad Rayhan Basyara, Radifa Aulia Putra, Yulio Febrian Tarigan

Abstract


Iklan merupakan suatu alat komunikasi antara produsen/penjual dan para
konsumen/pembeli. Iklan yang berjudul “Bantu Siap Lanjut Terus” adalah salah satu dari
iklan Mizone yang ditayangkan pada tahun 2021 dengan durasi 30 detik. Iklan Mizone ini
merupakan iklan yang membawa pengaruh baik dalam penghapusan paradigma di
masyarakat sehingga tidak lagi menimbulkan penilaian terhadap seseorang yang hanya
berdasarkan persepsi terhadap suatu kelompok tertentu atau disebut juga dengan
stereotip. Studi ini bertujuan untuk menganalisis iklan Mizone yang berjudul “Bantu Siap
Lanjut Terus” dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hal ini dilakukan dengan
mengkaji teori The Gaze pada iklan Mizone yang memunculkan 2 implikasi penting dalam
analisis visual yaitu pandangan laki-laki memandang dirinya sendiri, dan pandangan
perempuan memandang laki-laki dalam iklan. Hasil penelitian adalah terbentuknya
persepsi citra visual pada iklan Mizone yaitu pandangan bahwa sosok pria sejati adalah
pria yang mau membantu, dan Mizone membantu pria dalam menjalani aktivitas agar
lebih semangat.


Full Text:

PDF

References


Asni Djamereng. (2018). ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN DI TELEVISI, Jurnal Al-Khitabah, Vol.

IV, No. 1 1-2

Efendi, A. (2015). Bahasa dan Pembentukan Citra dalam Komunikasi Periklanan di Televisi.

Komunika, 2(2), 140. https://doi.org/10.24090/kom.v2i2.2008.pp140-160

Fajar Mahanani, Safa Aqilla D, Salsabiela Aurelia P. B,. (2020). Representasi Male Gaze

terhadap Perempuan dalam Iklan Dot Dodo, VOL. 1, NO. 2 199‐200.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mirzoeff, N. (1999). An Introduction to Visual Culture. Routledge, 274.

https://doi.org/10.1146/annurev.ps.29.020178.000335

Putri, D. (2013). MEMAHAMI ELEMEN-ELEMEN DALAM DESAIN. Retrieved from

https://ideducation.com/articles/memahami-elemen-elemen-dalam-desain/

Imam Pujo Pangestu. (2018). mengenalkan sebuah produk pada masyarakat luas,

https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5604


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.