Mitos Bhineka Tunggal Ika pada Iklan Djarum 76 “Indonesia Adalah Kita (2022)”

Andika Wahyu Rachmawan, Aprilya Yusri Attiyah, Citra Nurdiyanti Pratiwi, Ibnu Qoyyim Al-Jauzi, Rifqa Shafa Anissanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang keberadaan Mitos pada Iklan Djarum 76 “Indonesia Adalah Kita (2022)” ditinjau dari keberadaan makna yang terkandung dalam tiap potongan adegannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan menggunakkan pendekatan teori mitos dalam semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Hasil dari Studi menunjukkan bahwa dalam iklan rokok Djarum 76 terdapat keragaman bahasa Indonesia budaya yang ditampilkan dalam iklan. Iklan rokok Djarum 76 meliputi iklan rokok tematik yang disesuaikan dengan sosial, politik dan fenomena budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan merupakan hal yang lumrah pengetahuan bahwa tema- tema seperti ini banyak dijadikan ide dalam pembuatan rokok iklan jaman sekarang. Hal ini berkaitan dengan pengaturan ketat pada tampilan iklan rokok yang menyebabkan pembuat iklan rokok agar lebih kreatif. Dengan mengangkat budaya elemen, itu akan menarik lebih banyak perhatian orang serta memperkenalkan keanekaragaman budaya daerah itu sendiri. Keanekaragaman budaya di Indonesia memiliki budaya nilai atau makna yang tersirat dalam budaya itu.


Full Text:

PDF

References


A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan.

Jakarta: Kencana.

Amzanaria, A,. Susanti, N,. & Abidin, S. (2022). Analisis Semiotika Makna Budaya Lokal dalam

Iklan Rokok Djarum 76 Versi “Indonesia Adalah Kita”. Communication & Social Media.

(2), 67-73.

Barthes, R. (1991). Mythology. New York: The Noonday Press.

Barthes, Roland. (2007). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi

Tanda, Simbol, dan Representasi. Terjemahan Ikramullah Mahyuddin. Yogyakarta:

Jalasutra.

Barthes, Roland. (2010). Imaji, Musik, Teks (Analisis Semiologi Atas Fotografi, Iklan, Film,

Musik, Alkitab, Penulisan dan Pembacaan Serta Kritik Sastra). Terjemahan Agustinus

Hartono. Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, Roland, Mitologi, (Terj. Nurhadi & Sihabul Millah), Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2004.

Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif : disertai contoh

praktis skripsi, tesis, dan disertasi riset media, public relations, advertising, komunikasi

organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Riansyah, A. M. (2020). Makna Pesan Pada Iklan Rokok Djarum 76 “Jadi Caleg Cerdas”(Analisis

Semiotika Roland Barthes). (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945

Surabaya).

Shofa, F., & Utami, MA (2017). Menyingkap makna dan tanda dalam iklan rokok a-mild versi

“Hasrat”: Kajian semiotika. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa , 6 (2), 180-197.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Indiwan Seto W. 2013. Semiotika Komunikasi 2: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan

Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.