Analisis Citra pada Iklan Televisi Djarum Super: Bull Race (2014) menggunakan Teori Mitos Rolland Barthes

Hanna Aulia Putri, Kanaya Dhea Khansa, Adinda Cahyani, Dea Fitriani, Adinda Ristiani

Abstract


Iklan adalah salah satu media yang digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan
sebuah produk ataupun jasa yang disebarluaskan melalui saluran komunikasi massa. Tetapi selain untuk kebutuhan promosi, iklan juga digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan persuasif yang bertujuan untuk membangun sebuah citra. Melalui media ini, PT. Djarum Super membuat sebuah iklan TVC pada November 2014 yang berjudul “Bull Race” untuk membangun citra produknya. Dengan menganalisis tatanan pertandaan yang terkandung dalam visualisasi iklan, penulis melakukan penelitian dengan mengaplikasikan teori Mitos oleh Roland Barthes pada analisis visual yang didapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pemaparan disajikan menggunakan metode deskriptif, dimana data yang ada dikumpulkan melalui studi literatur atau studi pustaka. Pemaparan dibuat dengan merujuk pada prespektif dalam kajian budaya visual. Melalui pemaparan dan analisis dari tanda-tanda visual serta mitos yang ada tersebut, penulis bertujuan untuk memaparkan citra yang ada pada iklan Djarum Super berjudul “Bull Race”(2014) dan dampak dari citra tersebut terhadap prilaku masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Akmalia, N. (2017, October 28). Mitos Dalam Iklan: Binus University Malang: Pilihan universitas

terbaik di malang. BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang.

https://binus.ac.id/malang/2017/10/mitos-dalam-iklan/

Amelia, R. (2018). Kritik Manfaat Industri Rokok. J-Esa (Jurnal Ekonomi Syariah), 1(2), 227-246.

Bisma. (2023). Beberapa Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan, Isi, dan Medianya. Blog Bhinneka.

Diakses dari https://www.bhinneka.com/blog/jenis-iklan/#1_Jenis_Iklan_Komersial.

Darmawan, F. (2006). Posmodernisme Kode Visual dalam Iklan Komersial. MediaTor (Jurnal

Komunikasi), 7(1), 103-114.

Hoed. B. H. 2008. Semiotik dan Dinamika Sosial. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

(FIB) Universitas Indonesia.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal

ekonomi dan kewirausahaan, 13(2), 116-129.

Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2020). Analisis semiotika makna kesendirian pada lirik lagu

“Ruang Sendiri” karya Tulus. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 107-

Piliang, Yasraf Amir, (1956). Hipersemiotika: tafsir cultural studies atas matinya makna.

Yogyakarta : Jalasutra,.

Putri, V. K. M. (2022, Mei 30). Jenis Iklan Berdasarkan Isinya. Kompas, hlm. 1.

Rahmawati , D. S., & Nurjanah. (2016). Komunikasi Persuasif Leader Dalam Merekrut Calon

Agen Asuransi Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2), 1–

https://www.neliti.com/publications/123732/komunikasi-persuasif-leader-dalam-

merekrut-calon-agen-asuransi-pada-pt-prudentia

Sukarna, I. (2021). Jenis-jenis Iklan, dari Berdasarkan Isi hingga Berdasarkan Tujuannya.

Parapuan. Diakses dari https://bobo.grid.id/read/082919327/jenis-jenis-iklan-dari-

berdasarkan-isi-hingga-berdasarkan-tujuannya?page=all.

Wahyu, A. (2022, December 5). Iklan Komersial: Pengertian, Jenis dan Contohnya [web log].

Retrieved July 7, 2023, from https://tedas.id/bisnis/umum/iklan-komersial/

Wibowo, S. F., & Karimah, M. P. (2017). Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jrmsi - Jurnal

Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-15. Retrieved from

https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/771


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.