Analisis Mitos Imunitas dalam Iklan Frisian Flag Versi Bantu Jaga Diri kini dan Nanti
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis mitos menggunakan ilmu semiotika Roland
Barthes pada iklan Frisian Flag versi Jaga Diri Kini dan Nanti. Mencari dan meneliti makna denotasi dan konotasi yang terdapat pada setiap scene. Iklan Frisian Flag versi Jaga Diri Kini dan Nanti akan dianalisis dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data-data dan menganalisis makna mitos yang terdapat pada iklan Frisian Flag. Berdasarkan dari hasil analisis pada iklan Frisian Flag terdapat mitos imunitas yang dimana mitos tersebut disampaikan melalui visual pada iklan. Menampilkan visual-visual yang dapat memberikan makna imunitas yang ditunjukan pada sebuah produk susu Frisian Flag. Hal tersebut dapat memberikan pemahaman baru kepada masyarakat bahwa produk susu Frisian Flag dapat membantu menjaga dan menambah imunitas tubuh yang memberikan kesehatan bagi yang mengkonsumsi produk tersebut. Hal tersebut digunakan sebagai penyampaian pesan dan nilai lebih pada produk. Iklan tersebut mengisahkan seorang wanita yang meminum segelas susu untuk memulai aktivitas. Tiap scene pada iklan dipadukan dengan elemen desain seperti ilustrasi dan juga tipografi.
Full Text:
PDFReferences
Bianchi, C. (2011). Semiotic approaches to advertising texts and strategies: Narrative, passion,
marketing. Semiotica, 2011(183), 243–271.
Dian, N. (2018). Analisis Mitos Gaya Hidup Dalam Iklan #AdaAqua Versi Selfie. Ejurnal UG, 2(2).
https://doi.org/10.35760/mkm.2018.v2i2.1894
Ibrahim, Idi Subandi. 2011. Kritik Budaya Komunikasi: Budaya, Media dan Gaya Hidup dalam
Proses Demokratisasi di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra
Indriani, S. S., Puspitasari, L., & Rosfiantika, E. (2019). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten
Ofensif Iklan Grab #pilihaman. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(1), 81–100.
https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21245
Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka
Utama Grafiti.
Purnama, L . ( 2001) . Strategic Marketing Plan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wibowo, Wahyu. 2003. Sihir Iklan; Format Komunikasi Modal dalam Kehidupan Urban-
Kosmopolit. Jakarta: Gramedia
Gora, R. (2016). Studi Analisis Semiotika Iklan Beng Beng Versi “Great Date”. Jurnal Komunikasi,
(1). http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v10i1.32.g30
Sugiyono (Maryanti, D., Sujiana, R., & Wikanengsih, 2018). Menganalisis Unsur Interinsik Cerpen
“Katasropa” Karya Han Gagas Sebagai Upaya Menyediakan Bahan Ajar Menulis Teks
Cerpen. 1, 787-792. Retrieved from
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.