Mitos Dalam Iklan Televisi Gojek Ganti Tujuan 2022

Erlangga Prakoso, Zaky Mahid Ruwansyah, Rica Rahmawati, Tria Mariam Sastia

Abstract


Iklan merupakan media pemasaran yang dilakukan oleh produsen untuk menjangkau target pembeli tertentu serta menaikan tingkat penjualan. Salah satu bentuk iklan yang menggunakan media elektronik dalam penyampaiannya adalah iklan elektronik. Salah satu contoh iklan elektronik adalah iklan televisi, Iklan elektronik ini memanfaatkan teknologi dan daya tarik visual untuk menarik perhatian
penonton dan menyampaikan pesan secara efektif. Perusahaan Gojek menggunakan iklan televisi untuk menarik minat pengguna dengan iklan Gojek "Ganti Tujuan" yang merupakan kampanye pemasaran yang mengenalkan fitur baru dalam aplikasi Gojek yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tujuan perjalanan mereka. Dalam iklan ini, Gojek berhasil mengkomunikasikan nilai-nilai seperti fleksibilitas dan
kemudahan yang terkait dengan layanan transportasi berbasis aplikasi. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, Gojek memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dalam menyesuaikan perjalanan mereka sesuai kebutuhan. Fitur "Ganti Tujuan" memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengubah rute perjalanan mereka melalui aplikasi, tanpa harus melibatkan pengemudi. Iklan ini sukses menciptakan kesan positif dan meningkatkan kesadaran tentang layanan Gojek, serta menarik minat pengguna baru. Kampanye "Ganti Tujuan" Gojek berhasil mengkomunikasikan inovasi dan kenyamanan yang dihadirkan oleh layanan transportasi berbasis aplikasi mereka. Iklan ini memperkuat citra Gojek
sebagai pemimpin industri ride-hailing, sambil memperluas pemahaman pengguna tentang kemudahan dan fleksibilitas yang dapat mereka nikmati melalui aplikasi Gojek.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi

pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Daud, D., Ardiansyah, A., Ilato, R., Moonti, U., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh Media

Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata

Pelajaran Eknomi di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. JIIP-Jurnal Ilmiah

Ilmu Pendidikan, 6(6), 4090-4095.

Lualiyah, J. (2020). Analisis Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan

Penjualan Produk (Studi Kasus Konveksi Casper Indict) (Doctoral dissertation, IAIN

KUDUS).

Kartika, T., Novitasari, D., & Auli, M. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA DEGRADASI MORAL

MASYARAKAT DALAM IKLAN AIR MINERAL VIT VERSI “UDA ADA OTAK

NGGAK”. Jurnal MASSA, 2(1), 83-96.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan

pelanggan. unitomo press.

Stephanie, E. (2013). Analisa pengaruh rio dewanto dan donita sebagai celebrity endorser

terhadap minat beli produk axe anarchy dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai

variabel intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-9.

Nurwani, N. (2016). Analisis Campur Kode pada Iklan. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra,

dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016.

Rahmadhani, R. I. (2017). Respon Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi UIN Syahid Jakarta

Terhadap Iklan Layanan Masyarakat, 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional.

Fitur Ganti Tujuan Ada di GoRide dan GoCar. (2019). Diakses pada 21 Juni 2023 dari

https://www.gojek.com/blog/gojek/fitur-baru-go-car-untukmu-bisa-ganti-lokasi-tujuango-

car-langsung-dari-aplikasi/

Arief, N. N., & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi baru public relations (PR) pada era artificial

intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1-12.

Fadly, M., & Wantoro, A. (2019, August). Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan

Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah

Pelanggan. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 46-55).

Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING,

INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro

Journal of Management, 11(2).

Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal

Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.

Anugrah, A. S. E. P. (2015). Mitos kecantikan dalam cerpen Barbitch dan Lipstik Merah Tua karya

Sagita Suryoputri (telaah kritik sastra feminisme). Jurnal Humanika, 15(3), 1-15.

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan,

Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88-93.

Nurhalim, A. D. (2021). Peran Iklan terhadap Perilaku Konsumen: Kampanye Iklan Gojek terhadap

Perilaku Konsumen di Kota Tangerang. EKOMBIS: JURNAL FAKULTAS EKONOMI, 7(1).

Hasanah, N. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Online Go-Jek di Kalangan Pengguna Media Sosial

di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh fungsi iklan dan citra merek

terhadap loyalitas pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169-176.

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan,

Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88-93.

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap

Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata

Niaga (JPTN), 9(2), 1174-1180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.