Mitos Dalam Iklan Televisi Gojek Ganti Tujuan 2022
Abstract
Iklan merupakan media pemasaran yang dilakukan oleh produsen untuk menjangkau target pembeli tertentu serta menaikan tingkat penjualan. Salah satu bentuk iklan yang menggunakan media elektronik dalam penyampaiannya adalah iklan elektronik. Salah satu contoh iklan elektronik adalah iklan televisi, Iklan elektronik ini memanfaatkan teknologi dan daya tarik visual untuk menarik perhatian
penonton dan menyampaikan pesan secara efektif. Perusahaan Gojek menggunakan iklan televisi untuk menarik minat pengguna dengan iklan Gojek "Ganti Tujuan" yang merupakan kampanye pemasaran yang mengenalkan fitur baru dalam aplikasi Gojek yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tujuan perjalanan mereka. Dalam iklan ini, Gojek berhasil mengkomunikasikan nilai-nilai seperti fleksibilitas dan
kemudahan yang terkait dengan layanan transportasi berbasis aplikasi. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, Gojek memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dalam menyesuaikan perjalanan mereka sesuai kebutuhan. Fitur "Ganti Tujuan" memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengubah rute perjalanan mereka melalui aplikasi, tanpa harus melibatkan pengemudi. Iklan ini sukses menciptakan kesan positif dan meningkatkan kesadaran tentang layanan Gojek, serta menarik minat pengguna baru. Kampanye "Ganti Tujuan" Gojek berhasil mengkomunikasikan inovasi dan kenyamanan yang dihadirkan oleh layanan transportasi berbasis aplikasi mereka. Iklan ini memperkuat citra Gojek
sebagai pemimpin industri ride-hailing, sambil memperluas pemahaman pengguna tentang kemudahan dan fleksibilitas yang dapat mereka nikmati melalui aplikasi Gojek.
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi
pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.
Daud, D., Ardiansyah, A., Ilato, R., Moonti, U., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh Media
Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata
Pelajaran Eknomi di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. JIIP-Jurnal Ilmiah
Ilmu Pendidikan, 6(6), 4090-4095.
Lualiyah, J. (2020). Analisis Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan
Penjualan Produk (Studi Kasus Konveksi Casper Indict) (Doctoral dissertation, IAIN
KUDUS).
Kartika, T., Novitasari, D., & Auli, M. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA DEGRADASI MORAL
MASYARAKAT DALAM IKLAN AIR MINERAL VIT VERSI “UDA ADA OTAK
NGGAK”. Jurnal MASSA, 2(1), 83-96.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan
pelanggan. unitomo press.
Stephanie, E. (2013). Analisa pengaruh rio dewanto dan donita sebagai celebrity endorser
terhadap minat beli produk axe anarchy dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai
variabel intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-9.
Nurwani, N. (2016). Analisis Campur Kode pada Iklan. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra,
dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016.
Rahmadhani, R. I. (2017). Respon Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi UIN Syahid Jakarta
Terhadap Iklan Layanan Masyarakat, 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional.
Fitur Ganti Tujuan Ada di GoRide dan GoCar. (2019). Diakses pada 21 Juni 2023 dari
https://www.gojek.com/blog/gojek/fitur-baru-go-car-untukmu-bisa-ganti-lokasi-tujuango-
car-langsung-dari-aplikasi/
Arief, N. N., & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi baru public relations (PR) pada era artificial
intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1-12.
Fadly, M., & Wantoro, A. (2019, August). Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan
Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah
Pelanggan. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 46-55).
Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING,
INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro
Journal of Management, 11(2).
Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal
Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.
Anugrah, A. S. E. P. (2015). Mitos kecantikan dalam cerpen Barbitch dan Lipstik Merah Tua karya
Sagita Suryoputri (telaah kritik sastra feminisme). Jurnal Humanika, 15(3), 1-15.
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan,
Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88-93.
Nurhalim, A. D. (2021). Peran Iklan terhadap Perilaku Konsumen: Kampanye Iklan Gojek terhadap
Perilaku Konsumen di Kota Tangerang. EKOMBIS: JURNAL FAKULTAS EKONOMI, 7(1).
Hasanah, N. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Online Go-Jek di Kalangan Pengguna Media Sosial
di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh fungsi iklan dan citra merek
terhadap loyalitas pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169-176.
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan,
Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88-93.
Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap
Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata
Niaga (JPTN), 9(2), 1174-1180.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.