Analisis Iklan Top Coffee

Fajar Fadlilah Salya Putra, Mohamad Fauzan Abdillah, Ray Andony Ollo

Abstract


Televisi sebagai media periklanan terbukti menjadi wadah yang paling tepat untuk mengkomunikasikan informasi pesan atau produk yang perusahaan ingin sampaikan.  Iklan TV yaitu versi iklan Top Coffee karya Iwan Fals menjadi bahan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan secara tertata dengan prosedur yang ada lalu mengamati video iklan, melakukan riset terhadap iklan tersebut, mencoba mengamati video-video iklan dari Top Coffee bertujuan untuk menemukan kesamaan yang kiranya poin paling penting dari iklan. Dalam penelitian ini, aspek persepsi, mitos, dan pandangan merupakan aspek yang paling penting untuk menyampaikan maksud dari iklan tersebut. Aspek periklanan lainnya merupakan sarana untuk mendukung terwujudnya maksud tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Data-data yang didapatkan kemudian di observasi melalui mengamati iklan Top Coffee untuk mendapatkan persepsi, mitos dari iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Top Coffee memiliki persepsi visual yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai lokal yang diperoleh dari Iwan Fals sebagai representasi budaya lokal Indonesia. Top Coffee dapat memilih untuk fokus pada segmen pecinta kopi premium yang menghargai kualitas tinggi dan siap membayar harga yang lebih tinggi untuk pengalaman kopi yang superior.

Full Text:

PDF

References


Ekasiswanto, Rudi. (2022). Representasi Kecintaan Terhadap Produk Lokal Dalam Iklan Top Coffee. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Fachruddin, Andi (2012). DASAR - DASAR PRODUKSI TELEVISI: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Prenada Media Group.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka.

Utama Grafiti. Diambil dari http://books.google.com/books?i d=nuAVAQAAMAAJ LittleJohn,

Stephen W. & Foss, Karen A. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja.

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Widyatama, R. (2006). Bias Gender Dalam Iklan Televisi. Tangerang: Agromedia Pustaka.

SUMBER GAMBAR

Gambar I. Cuplikan atau Potongan iklan dari Youtube. Top Coffee versi Iwan Fals Tangkapan layer oleh penulis. (diambil pada tanggal 24 April 2023) https://www.youtube.com/watch?v=_ZBO3BC1z1Y.

Gambar II. Cuplikan atau Potongan iklan dari Youtube. Top Coffee versi Iwan Fals Tangkapan layer oleh penulis. (diambil pada tanggal 24 April 2023) https://www.youtube.com/watch?v=_ZBO3BC1z1Y.

Gambar III. Cuplikan atau Potongan iklan dari Youtube. Top Coffee versi Iwan Fals Tangkapan layer oleh penulis. (diambil pada tanggal 24 April 2023) https://www.youtube.com/watch?v=_ZBO3BC1z1Y.

Gambar IV. Foto yang di akses website resmi wingscorp oleh penulis. (diambil pada tanggal 31 April 2023) https://wingscorp.com/brand-detail/top-coffee/.

Gambar V. Poster Top Coffee Di akses melalui website oleh penulis. (diambil pada tanggal 31 April 2023) https://s3.bukalapak.com/img/3881450108/large/TOP_White_Coffee.jpg.

Gambar VI. Foto di akses melalui website. (pada tanggal 35 April 2023).

Gambar VI. Foto di akses melalui website. (pada tanggal 35 April 2023) https://www.google.com/url?sa=i&url+http%3A%2F%www.tokopedia.com%https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.tokopedia.com %2Ffind%2Fkain-batik prada%3Fpage%3D7&psig=AOvVaw3N8EZNcbVZ1hGbmWOiAb9&ust=1687273009139000&source=images&cd=vfe&ved=0CBEQjRxqFwoTCKC cwvbLz_8CFQAAAAAdAAAAABAh.

Gambar VII. Cuplikan atau Potongan iklan dari Youtube. Top Coffee versi Iwan Fals Tangkapan layer oleh penulis. (diambil pada tanggal 24 April 2023) https://www.youtube.com/watch?v=_ZBO3BC1z1Y.

Gambar VI. Cuplikan atau Potongan iklan dari Youtube. Top Coffee versi Iwan Fals Tangkapan layer oleh penulis. (diambil pada tanggal 24 April 2023) https://www.youtube.com/watch?v=_ZBO3BC1z1Y.

Gambar IX. Skema Analisi dibuat oleh penulis. (pada tanggal 6 Juni 2023).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.