Analisis Film Turning Red

Erliyana Efendi, Aisyah Putri Andiny, Zahratunnisa Zahratunnisa, Gilang Ramadhan

Abstract


Animasi merupakan salah satu media audio visual yang dapat menyampaikan informasi dan pesan kepada para penontonnya. Saat ini, sangat banyak animasi yang tersedia diberbagai platform yang ada di dunia. Salah satu animasi yang sedang terkenal dan booming saat ini ialah animasi Turning Red. Film animasi Turning Red merupakan film animasi besutan Disney dan Pixar yang disutradarai oleh Shi Domee yang dirilis pada tahun 2022.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data secara primer dan sekunder. Pendekatan visual yang dilakukan yaitu encoding-decoding, mitos , simulasi simulakra , dan citra visual. Film animasi Turning Red mengandung pesan-pesan bagaimana hubungan anak dan orang tua, film ini juga bisa ditonton mulai dari anak-anak hingga para orang tua. Suasana yang ada di film ini sangat menggambarkan kehidupan seorang anak yang mulai mengalami masa pubertasnya yang sering terjadi di kalangan remaja dan hubungan dengan orang tua mereka. Satu nilai lain yang juga ditonjolkan adalah keharmonisan dalam keragaman, dapat dilihat dari ragam warna kulit, agama, dan latar belakang budaya yang hadir di sepanjang film.


Keywords


Analisis Film; Turning Red; Budaya Visual; Citra Visual

Full Text:

PDF

References


Putri, S., & Irawan, I. (2022). Film Animasi Merah dari Konteks Ikonografi. Jurnal EDUCRAFT, 2 (1), 47-60.

Alpina, C., Rozi, F., & Desky, AF (2023). Representasi Pubertas Pada Remaja Perempuan Dalam Film Animasi “Turning Red” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jisos: Jurnal Ilmu Sosial , 1 (12), 1175-1188

Hidayat, N. (2023). Pengaruh Menonton Film “Turning Red “Terhadap Pemahaman Pubertas Pada Remaja Perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO, 4(1), 230-244.

Moeloeng, Lexy J. (2002). Metode penelitian kualitatif.

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia.

Martadi, M. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Poster Film Parasite Versi Negara Inggris. BARIK, 2(1), 54-66.

Studocu.com (2021-2022). Analisis Film Turning Red yang Berkaitan Dengan Tema Kesehatan Mental.Jurnal : Kesehatan Jiwa. Institut Agama Islam Negeri Kudus


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: Kampus A Gedung 1, Lantai 2 | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp: (021) 7818718 – 78835283 (ext. 122) | Tutup hari Minggu dan hari libur nasional Indonesia
Jam Kerja: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.