PERANCANGAN STASIUN KERETA API TERPADU DENGAN PRINSIP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT DI KARET JAKARTA PUSAT
Abstract
Abstrak : Perancangan stasiun kereta api di Karet Jakarta Pusat dengan prinsip Transit Oriented Development (TOD) ini merupakan sebuah stasiun kereta yang didesain khusus dengan konsep pengelolaan kawasan dan transportasi secara terintegrasi, yang dalam konteks ini kawasan yang dikembangkan adalah kawasan stasiun kereta api yang menjadikan stasiun transit sebagai titik simpul dan perpindahan antar moda transportasi maupun fasilitas umum. Tujuan dari perancangan stasiun kereta api dengan konsep TOD adalah untuk mengintegrasikan berbagai fasilitas umum sekaligus mengupayakan kelancaran mobilitas para pengguna fasilitas kereta api. Konsep TOD pada stasiun kereta api ini memiliki tiga prinsip utama yaitu, walkable, shift and transit, dan connect. Metode perancangan dilakukan dengan metode kualitatif yang menghasilkan data-data deskriptif, yaitu menguraikan dan menjelaskan data kualitatif, kemudian dianalisa untuk memperoleh suatu kesimpulan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara studi literatur, Studi preseden, Studi kasus, Survey site, Pengumpulan data, Analisis data, Analisis site dan penemuan konsep perancangan. Dengan penerapan prinsip TOD tersebut pada stasiun kereta api Karet, diharapkan dapat menjadi solusi atas kemacetan karena penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan, menjawab kebutuhan penumpang kereta akan stasiun yang terintegrasi dengan moda transportasi lainya dan menjadi guideline dalam merancang stasiun kereta dengan prinsip TOD.
Kata Kunci : Stasiun kereta Api, TOD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Neufert, E.. (1996). Data Arsitek Jilid 1. Jakarta: Erlangga. (2002). Data Arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Dirjen Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum RI. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. 24 Maret, 2017, http://www.bkprn.org/peraturan/the_file/permen05-2008.pdf.
Griffin, Kenneth W. (2004). Building Type Basics for Transit Facilities. New Jersey.
John Wiley & Sons.
Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta NO 1 Tahun 2012
Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2030.
Sekretariat Negara, 2012. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2012 tentang PersyaratanTeknis Jalur Kereta Api.Lembaran Negara RI Tahun 2012,No. 60. Jakarta: Republik Indonesia.
https://kereta-api.info/sejarah-perkembangan-kereta-api-jaman-belanda-di-indonesia-3589.htm Sejarah Perkembangan Kereta Api Jaman Belanda Di Indonesia
https://kai.id
Perkeretaapian, K. D. (2013, March). Masterplan Jabodetabek Perkeretaapian.Retrieved from Edoc: https://edoc.site/master-plan-jabotabek-perkeretaapianpdf-pdf-free.html
DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3917
Refbacks
- There are currently no refbacks.