PENGEMBANGAN PASAR GANDRUNGMANGU DI CILACAP

Afifah Faudiyah, Atie Ernawati, Nurjannah Hamdani

Abstract


Pasar Gandrungmangu merupakan pasar tradisional yang menjadi sarana jual beli untuk kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan terutama makanan yang higenis, maka perlu menciptakan pasar yang sehat, bersih, dan nyaman sesuaiĀ  kebutuhan dalam berbelanja dengan tujuan memberikan zonasi yang tertata, sirkulasi yang tidak berdesakan bagi pengguna dan lingkungan sekitar dengan menerapkan konsep natural contemporary yang memiliki keselarasan alam sekitar seperti penggunaan material kayu pada bangunan pasar dan mengaitkan dari 3 hasil sumber daya alam antara petani/pokok, laut dan perkebunan. Sebab itu pengembangan pasar perlu diterapkan guna memberikan kualitas pasar yang baik dan sehat agar dapat meningkatkan potensi perekonomian dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Stanton, William J. 1993. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

https://republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/13/06/2009.

Adwi Herry K.E, Tobari. (2008). Profil pengembangan tanaman pangan di kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Agrin Vol. 12, No. 2, Oktober 2008.

https://radarbayumas.co.id; 22/12/2015

Keputusan Menteri kesehatan Republik Indonesia nomor: 519/MENKES/SK/VI/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat.

Muktiono, A. (2016). Tinjauan sarana dan prasarana pasar sehat diperkotaan. Jurnal ilmiah ARJOUNA, Vol. 01, No.01Oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.