FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PENGGUNA APARTMENT DI KAWASAN SUPERBLOCK KOTA BEKASI

Novita Novita, Rita Laksmitasari, Marselly Dwiputri

Abstract


Jumlah penduduk Kota Bekasi seiap tahunnya mengalami peningkatan, oleh sebab itu aktivitas perkotaan semakin meningkat dan mengakibatkan kebutuhan akan hunian semakin meningkat. Hunian Apartment di Kawasan Superblock semakin diminati oleh masyarakat urban hal ini disebabkan karena Kawasan Superblock memiliki fasilitas lengkap dan dapat menghemat waktu untuk beraktivitas penghuni. Namun semakin banyaknya peminat akan Apartment pada Kawasan Superblock maka banyak permasalahan yang timbul, yang menyebabkan penghuni tidak puas terhadap Apartment di Kawasan Superblock tersebut. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kepuasan pengguna Apartment di Kawasan Superblock dengan menggunakan 4 (empat) faktor yaitu: Aksesibilitas, Desain Bangunan, Pemeliharaan dan Operasional, serta Kualitas Pelayanan. Hasil penelitian ini merupakan solusi dari permasalahan yang timbul dan keinginan pengguna Apartment sehingga pengguna Apartment di Kawasan Superblock merasa puas dan nyaman.

Full Text:

PDF

References


JurnalDimensiArsitektur Vol. 31(2), Hal 124-132.

Kwanda, T., Rahardjo, J., Wibowo, B.R. (2003). Analisis Kepuasan Penghuni Rumah Sederhana Tipe 36 di Kawasan Sidoarjo Berdasarkan Faktor Kualitas Bangunan, Lokasi, Desain, Sarana dan Prasarana.

Nuraeni. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Minat.http://ejournal.undiksha.ac.id/.

Nu’man. 2014. Bab III Metode Penelitian. http://etheses.uinmalang.ac.id/.

Putri, M. D. & Yustina, M. (2005). Tingkat Kepuasan Penghuni dalam Menempati Apartemen Sejahtera.

Ratih, Indyastari Wikan (2006). Kajian Tingkat Kepusan Penghuni Terhadap Pemanfaatan Ruang Publik Di Rumah Susun Kemayoran. Tesis Perumahan dan Pemukiman. Bandung: Institut Teknologi Bandung. Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Ratih, Indyastari Wikan (2006). Kajian Tingkat Kepusan Penghuni Terhadap Pemanfaatan Ruang Publik Di Rumah Susun Kemayoran. Tesis Perumahan dan Pemukiman. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Vivianli. 2016. Analisis Pengaruh dan Kualitas Pelayanan. https :// repository.usd.ac.id /7301/ 2 /122214030_full.pdf.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.