Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Mitra Sehat Kramatjati Jakarta Timur
Abstract
Klinik Mitra Sehat Kramatjati Jakarta Timur merupakan salah satu instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan yang berada di Jakarta timur khususnya Kramatjati. Dalam hal ini tentu sistem pelayanan yang baik menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Klinik Mitra Sehat Kramatjati. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan sebelumnya pada sistem pelayanan klinik yang sedang berjalan, itemukan banyak kekurangan dan kendala karena sistem klinik tersebut masihmenggunakan metode manual, belum terkomputerisasi secara optimal sehingga dirasa pelayanan berjalan kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi pelayanan kesehatan yang baru, lebih modern, dan aman pada Klinik Mitra Sehat Kramatjati sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Metodologi penelitian yang digunakan dalamsistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti observasi, studi dokumentasi, serta melakukan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah sistem informasi yang sudah ada sebelumnya. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode grounded research. Dan hasil penelitian ini nantinyaadalah suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemograman Java Netbeans dan penyimpanan data menggunakan database MySQL yang dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kemudahan dalam pengolahan sistem informasi pelayanan kesehatan pada Klinik Mitra Sehat Kramatjati Jakarta Timur.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Elisabet Yunaeti, R. I. (2017).
Pengantar Sistem Informasi. CV. Andi Offset.
Jogianto. (2014). Konsep Sistem Infromasi. CV.
Andi Offset.
Peraturan menteri kesehatan republik indonesia
nomor 028/menkes/per/I/2011 tentang klinik,
234 (2011).
https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permenkes28-
Steinbart, R. (2015). Sistem Informasi Akuntansi
(13th ed.). Salemba Empat.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya
Manusia. PT. Buku Seru.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa
(Desain Servqual, QFD, dan Kano). PT.
Indeks.
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



