Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Erlando Doni Sirait, Dwi Dani Apriyani

Abstract


Teknologi informasi yang semakin maju menuntut berkembangnya kegiatan proses belajar mengajar ke arah yang lebih baik. Guru dituntut mampu menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan proses belajar mengajar untuk menciptakan suasana baru pada peserta didik sehingga mampu meningkatkan minat belajar khususnya pada pelajaran matematika. Google classroom merupakan media pembelajaran yang mampumengkomunikasikan informasi dari guru kepada peserta didik. Tingginya minat belajar pada peserta didik mampu meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh media pembelajaran Google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta serta pengaruh interaktif media pembelajaran Google classroom dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta. Metodepenelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan menggunakan analisis varian dua jalur (ANAVA). Serta didapatkan hasil penelitian yaitu Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP swasta, Ada pengaruh yang signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP swasta, dan ada pengaruh interaktif yang tidak signifikan media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP swasta.

Full Text:

PDF

References


Apriyani, D. D. (2017). Pengaruh Penggunaan

Media Proyeksi Terhadap Hasil Belajar

Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah

Pendidikan MIPA, 7(2), 115–123.

https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1828

Komariah, N., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih,

S. W. (2019). Pengaruh penerapan model PBL

berbantuan media GOOGLE CLASSROOM

terhadap HOTS, motivasi dan minat peserta

didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu

Fisika, 1(2), 102–114. Retrieved from doi:

https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.788

https://ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF

PENGARUH

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran

Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class

Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.

Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam,

(2), 131–135.

https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,

(1), 35–43.

https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: