Sistem Informasi Pendaftaran E-Raport Dan Prestasi Siswa Sdit Daarul Fataa
Abstract
Di zaman modern ini manusia membutuhkan sistem berupa komputerisasi untuk mempermudah perkerjaan. Penelitian di SDIT Daarul Fataa, beralamat di Gg.Lurah Muda Blok Gapura No.40, RT.3/RW.3, Cimanggis, Kec. Bojong Gede, Bogor. Sistem yang dirancang berfungsi untuk membantu proses sistem informasi pendaftaran,
absensi, penjadwalan, prestasi siswa dan e-raport di SDIT Daarul Fataa. Dengan adanya sistem komputerisasi maka sistem pendaftarannya tidak menggunakan formulir manual, raport yang ditulis manual dan sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pemberian laporan rekapitulasinya, jadi pengelolaan datanya harus menggunakan sistem komputerisasi. Metode yang diterapkan adalah grounded research yaitu metodologi umum untuk mengembangkan suatu teori. Grounded research dapat disebut juga sebuah pendekatan yang refleksif dan terbuka, dimana
pengumpulan data, pengembangan konsep-konsep teoritis dan ulasan literatur berlangsung dalam proses siklus berkelanjutan. Tujuan penelitian ini. Untuk meningkatkan sistem informasi pendaftaran, absensi dan raport sebagai
pengembangan yang masih manual. Membuat sistem pendaftaran, absensi dan raport secara komputerisasi agar lebih efektif dan efisien. Membuat rekapitulasi pendaftaran, absensi dan raport yang lebih cepat. Hasil Akhir dari penelitian ini terbuat sebuah rancangan program sistem informasi pendaftaran, e-raport, prestasi siswa, menggunakan database dan berbentuk sebuah program berbasis Java MySql.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Pendaftaran, E-Raport, Prestasi Siswa
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Dan Pengembangan. In
Bandung.
Karim, A., & Purba, E. (2019). Sistem Informasi
Pengolahan Data Nilai Berbasis Web.
Seminar Nasional Teknologi Komputer &
Sains (SAINTEKS), 856–862. http://seminarid.
com/prosiding/index.php/sainteks/article/
view/242/236
Prof. Dr. A Muri Yusuf, M. P. (2017). Metode
Penelitian Kuantitatif, kualitatif, &
Penelitian Gabungan. In Kencana (Vol. 4,
Issue 3).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian
pendidikan:(pendekatan kuantitatif,
kualitatif dan R & D). In Bandung: Alfabeta.
Sutinah, E., Azima, G. N., & Imaduddin, E. F.
(2018). Sistem Informasi Monitoring
Akademik Dan Prestasi Siswa Dengan
Metode Waterfall. Journal of Information
Engineering and Educational Technology,
(1).
https://doi.org/10.26740/jieet.v2n1.p47-59
Utomo, P., & Ariyanti, D. (2014). Sistem
Informasi Pembayaran dan Pendaftaran
Siswa Baru Berbasis Web. Jurnal Sisfotek
Global, Vol. 4(No. 2).
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran.
In PT Kata Pena.
Widiyaningtyas, T. (2013). Sistem Informasi Nilai
Rapor Siswa Berbasis Web. EJournal
Universitas Malang, Vol 20, No.
Yulianti, L. (2017). Sistem Informasi Pendaftaran
Siswa Baru. In Jurnal Ekonomi Volume 18,
Nomor 1 Maret201 (Vol. 2, Issue 1).
Yusrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil
dan Proses Belajar. In Pale Media Prima:
Vol. Pertama (Issue Oktober 2016).
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



