KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media internet melalui aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan guna memunculkan berbagai jenis interaksi dalam proses pembelajaran. Banyak sekali media pembelajaran online yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran daring, antara lain Google Form, Google Meet, Zoom, Whatsapp, Google Classroom, edmodo, dan lains sebagainya. Tentunya media tersebut pun mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan pembelajaran secara daring di masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan model penelitian metode deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasisw/i semester 7 di Prodi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI sebanyak 58 orang. Kuisioner yang terdiri dari 20 item pernyataan, 14 pernyataan positif dan 6 pernyataan negatif. Besar skala penilaian dengan menggunakan skala likert ( 1 – 4). Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran secara daring dapat dikatakan efektif, karena jika dilihat dari persentase diagram lingkaran, mahasiswa lebih menyukai pembelajaran secara daring dengan besar persentase sebesar 84,5%. Dan juga penggunaan media pembelajaran melalui Google Classroom juga menjadikan pilihan yang tepat karena memiliki persentase yang lebih besar di bandingkan dengan media pembelajaran online lainnya, yaitu sebesar 82,8%.
Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Covid 19
Full Text:
PDFReferences
Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta
Didik Berbasis Kecerdasan. Manajemen
Pendidikan Islam, 5(2), 132–142.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan
Harapan: Pembelajaran Daring Selama
Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru
Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3),
–289.
https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ayu Kurniawati, K. R., Santosa, F. H., &
Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat
di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB :
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat
Berkarakter, 3(1), 58–65.
https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.225
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021).
Analisis Efektifitas Pembelajaran
Daring dalam Menghadapi Wabah
Pandemi COVID-19. EDUKATIF:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.
Chanifah, N. (2015). Desain pendidikan
karakter di perguruan tinggi umum. 47–
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020).
Efektivitas Pembelajaran Daring di
Masa Pandemi COVID 19 Bagi
Mahasiswa Universitas PGRI
Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.
Fisu, A. A. (2016). Analisis Dan Konsep
Perencanaan Kawasan Pelabuhan Kota
Penajam Sebagai Pintu Gerbang Kab.
Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.
Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1, 125–
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020).
Pembelajaran Daring Sebagai Upaya
Study From Home (SFH). Jurnal
Pendidikan Administrasi Perkantoran
(JPAP), 8(3), 465–503.
Ichlas, M., Dr. Hasan Basri. M.Com, A., &
Dr. Muhammad Arfan. SE, M.Si, Ak, C.
(2017). Pengaruh penerapan standar
akuntansi pemerintahan, sistem
pengendalian intern pemerintah dan
aksesibilitas laporan keuangan terhadap
akuntabilitas keuangan pemerintah Kota
Banda Aceh. Jurnal Administrasi
Akuntansi : Program Pascasarjana
Unsyiah, 3(4), 76–84.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa
Terhadap Pembelajaran Daring Pada
Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP
(Jurnal Inovasi Dan Teknologi
Pembelajaran): Kajian Dan Riset
Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2),
–132.
https://doi.org/10.17977/um031v7i2202
p124
Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis
Efektifitas Pembelajaran Daring
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan
Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19
SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of
Physical Education, 2(1), 26–31.
Resnandari, E., Astuti, P., Baysha, H., Studi,
P., Pendidikan, T., Ilmu, F., …
Korespondensi, E. (2021). Daring Di
Program Studi Teknologi Pendidikan
Universitas Pendidikan Mandalika.
(3), 92–100.
Septiani, E., & Setyowati, L. (2020).
Penggunaan Media Pembelajaran Secara
Daring Terhadap Pemahaman Belajar
Mahasiswa. Prosiding Seminar
Nasional Pascasarjana Universitas
Negeri Jakarta, 121–128.
Setiono, P., Handayani, E., & Selvia, S.
(2020). Strategi Guru Dalam
Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-
Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS:
Jurnal Riset …, 3(3), 402–407.
Retrieved from
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jur
idikdasunib/article/view/14570
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S.
(2020). Dramatik Pembelajaran Daring
Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi
Pada Persepsi Mahasiswa PGSD
Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha,
(3), 515–526.
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



