KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

Dian Novita, Lin Suciani Astuti

Abstract


Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media internet melalui aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan guna memunculkan berbagai jenis interaksi dalam proses pembelajaran. Banyak sekali media pembelajaran online yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran daring, antara lain Google Form, Google Meet, Zoom, Whatsapp, Google Classroom, edmodo, dan lains sebagainya. Tentunya media tersebut pun mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan pembelajaran secara daring di masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan model penelitian metode deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasisw/i semester 7 di Prodi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI sebanyak 58 orang. Kuisioner yang terdiri dari 20 item pernyataan, 14 pernyataan positif dan 6 pernyataan negatif. Besar skala penilaian dengan menggunakan skala likert ( 1 – 4). Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran secara daring dapat dikatakan efektif, karena jika dilihat dari persentase diagram lingkaran, mahasiswa lebih menyukai pembelajaran secara daring dengan besar persentase sebesar 84,5%. Dan juga penggunaan media pembelajaran melalui Google Classroom juga menjadikan pilihan yang tepat karena memiliki persentase yang lebih besar di bandingkan dengan media pembelajaran online lainnya, yaitu sebesar 82,8%.

Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta

Didik Berbasis Kecerdasan. Manajemen

Pendidikan Islam, 5(2), 132–142.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan

Harapan: Pembelajaran Daring Selama

Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru

Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3),

–289.

https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ayu Kurniawati, K. R., Santosa, F. H., &

Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat

di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB :

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat

Berkarakter, 3(1), 58–65.

https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.225

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021).

Analisis Efektifitas Pembelajaran

Daring dalam Menghadapi Wabah

Pandemi COVID-19. EDUKATIF:

Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Chanifah, N. (2015). Desain pendidikan

karakter di perguruan tinggi umum. 47–

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020).

Efektivitas Pembelajaran Daring di

Masa Pandemi COVID 19 Bagi

Mahasiswa Universitas PGRI

Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.

Fisu, A. A. (2016). Analisis Dan Konsep

Perencanaan Kawasan Pelabuhan Kota

Penajam Sebagai Pintu Gerbang Kab.

Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1, 125–

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020).

Pembelajaran Daring Sebagai Upaya

Study From Home (SFH). Jurnal

Pendidikan Administrasi Perkantoran

(JPAP), 8(3), 465–503.

Ichlas, M., Dr. Hasan Basri. M.Com, A., &

Dr. Muhammad Arfan. SE, M.Si, Ak, C.

(2017). Pengaruh penerapan standar

akuntansi pemerintahan, sistem

pengendalian intern pemerintah dan

aksesibilitas laporan keuangan terhadap

akuntabilitas keuangan pemerintah Kota

Banda Aceh. Jurnal Administrasi

Akuntansi : Program Pascasarjana

Unsyiah, 3(4), 76–84.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa

Terhadap Pembelajaran Daring Pada

Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP

(Jurnal Inovasi Dan Teknologi

Pembelajaran): Kajian Dan Riset

Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2),

–132.

https://doi.org/10.17977/um031v7i2202

p124

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis

Efektifitas Pembelajaran Daring

Terhadap Hasil Belajar Pendidikan

Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19

SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of

Physical Education, 2(1), 26–31.

Resnandari, E., Astuti, P., Baysha, H., Studi,

P., Pendidikan, T., Ilmu, F., …

Korespondensi, E. (2021). Daring Di

Program Studi Teknologi Pendidikan

Universitas Pendidikan Mandalika.

(3), 92–100.

Septiani, E., & Setyowati, L. (2020).

Penggunaan Media Pembelajaran Secara

Daring Terhadap Pemahaman Belajar

Mahasiswa. Prosiding Seminar

Nasional Pascasarjana Universitas

Negeri Jakarta, 121–128.

Setiono, P., Handayani, E., & Selvia, S.

(2020). Strategi Guru Dalam

Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-

Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS:

Jurnal Riset …, 3(3), 402–407.

Retrieved from

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jur

idikdasunib/article/view/14570

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S.

(2020). Dramatik Pembelajaran Daring

Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi

Pada Persepsi Mahasiswa PGSD

Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha,

(3), 515–526.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: