IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI PADA TKIT AL-IKHLAS BOGOR
Abstract
Masa pandemi merupakan masa dimana wabah epidemi melanda sebuah negara maupun seluruh benua di dunia dan hampir melumpuhkan seluruh sektor di negara yang terkena dampak tersebut salah satunya sektor pendidikan yang membuat sistem belajar mengajar tidak dapat dilakukan dengan cara tatap muka di sekolah, salah satu sekolah yang tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka adalah Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Ikhlas Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem yang dirancang oleh peniliti guna mengakomodasi pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi yang ada di Taman kanak - kanak Islam Terpadu (TKIT) khususnya TKIT Al-Ikhlas Bogor. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D) dengan tahapan pengujian kelayakan pemakaian sistem dengan metode ISO 9126 sehingga menghasilkan sistem yang layak dan sesuai kebutuhan pengguna untuk membantu akomodasi sistem pembelajaran jarak jauh untuk anak TK dengan skor 93.60 % sehingga sistem layak untuk diimplementasikan
Kata Kunci: pandemi, Sistem, TKIT
Full Text:
PDFReferences
Alfarisi, S. (2017). Sistem E - Learning
Berbasis Knowledge Management Pada
SMK Generasi Madani Cibinong.
JURNAL SISFOTEK GLOBAL.
Junardi, W., Septiani, A. P., Amaliah, A.,
Bachtiar, A., & Mahendra, J. M. I.
(2020). Sistem Informasi Desa Siaga
Pangan Menghadapi Covid19 berbasis
Web Service. Jurnal Sistem Cerdas.
Listyorini, T., & Widodo, A. (2013).
Perancangan Mobile Learning Mata
Kuliah Sistem Operasi Berbasis
Android. Simetris : Jurnal Teknik Mesin,
Elektro Dan Ilmu Komputer.
https://doi.org/10.24176/simet.v3i1.85
Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era
COVID-19: Kesenjangan Digital,
Sistem Kompetisi, dan Model
Pendidikan yang Manusiawi. Mimikri.
Palit, R. V, Rindengan, Y. D. Y., & Lumenta,
A. S. M. (2015). Rancangan Sistem
Informasi Keuangan Berbasis Web Di
Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang.
E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer
Vol.
Pamungkas, P. D. A. (2018). ISO 9126 Untuk
Pengujian Kualitas Aplikasi
Perpustakaan Senayan Library
Management System (SLiMS). Jurnal
RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi
Informasi).
https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.398
Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y.
(2019). Pengembangan Multimedia
Interaktif Mobile Learning Berbasis
Anrdroid Aksara Jawa Kelas X SMK
Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian
Teknologi Pendidikan.
https://doi.org/10.17977/um038v2i3201
p195
Sari, T. N. (2016). Analisis Kualitas Dan
Pengembangan Sistem INFORMASI
Akademik Berbasis Web Menggunakan
Standard ISO 9126. JIKO (Jurnal
Informatika Dan Komputer).
https://doi.org/10.26798/jiko.2016.v1i1.
Sugiyono, P. D. metode penelitian kuantitatif,
kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv.
(2016).
Supriyono, S. (2019). Penerapan ISO 9126
Dalam Pengujian Kualitas Perangkat
Lunak pada E-book. MATICS.
https://doi.org/10.18860/mat.v11i1.767
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



