PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKTIVITAS WORKSHOP DI PT. SIGNIFY COMMERCIAL INDONESIA

Imam Shafi’i, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Sistem informasi dan teknologi komputer saat ini berkembang sangat cepat karena teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi lebih bertepat guna terutama untuk pendataan. Pendataan aktivitas disebuah workshop membutuhkan manajemen yang baik seperti yang dibutuhkan oleh PT. Signify Commercial Indonesia. Pengolahan data aktivitas di workshop masih menggunakan cara menuliskan manual yang menyebabkan lambatnya pengolahan data yang tidak terstruktur dengan baik. Hal tesebut mempengaruhi kecepatan pekerjaan yang dilakukan sehingga pelanggan tidak merasa senang karena menunggu terlalu lama. Permasalahan kelambatan dan akurasi data dapat diatasi dengan melakukan perancangan sistem informasi pengelolaan data aktivitas workshop menggunakan pemrograman java dan penyimpanan data MySql. Perangkat lunak dibuat bertujuan untuk memudahkan proses sistem pendataan menjadi terkomputerisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode grounded (grounded research) dan metode pengembangan sistem waterfall. Hasil dari penelitian adalah untuk mempermudah proses pendataan. Sistem yang ada pada aplikasi aktivitas workshop menjadi data terkomputerisasi, rapih dalam hal penyimpanan data, laporan menjadi efektif dan pelanggan menjadi senang dengan pelayanan yang diberikan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Aktivitas Workshop, MySQL


Full Text:

PDF

References


Amelia, & Devitra, J. (2018). Analisis dan

Perancangan Sistem Informasi

Manajemen Persediaan Barang pada

Advan Service Center Jambi. Jurnal

Manajemen Sistem Informasi, 3(1).

Deni Rohnadi. (2019). Perancangan Sistem

Informasi Menejemen Bengkel Di Gama

Auto Service. Universitas Islam

Indonesia.

Dwi Pratiwi, A. (2020). Perancangan Aplikasi

Inventory Barang pada PT Kartika

Graha Indonesia Berbasis Java

Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi

Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03).

https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.35

Hidayat, A. (2017). Metode Penelitian:

Pengertian, Tujuan, Jenis - Uji Statistik.

In Www.Statistikian.Com.

Ibeng. (2018). Pengertian Entity Relationship

Diagram (ERD). In

Www.Pendidikanku.Org: Vol. xii (Issue

.

Mulyani, P. D. S. (2014). Pengertian Erd. In

Marlinda (Vol. 2, Issue 2).

Saifuddin, A. (2010). Metode Penelitia.

Metode Penelitian.

Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas

Layanan dan Kualitas Produk Terhadap

Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas

Konsumen Restoran Happy Garden

Surabaya. Jurnal Manajemen

Pemasaran, 2(1).

Ysh, S. (2012). Pengembangan Sistem

Pembelajaran. Akprind.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Gremler, D. D.

(2009). Service marketing (5th ed.). The

McGraw-Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: