PERANCANGAN SISTEM KOMUNIKASI BAHASA ISYARAT UNTUK TUNA RUNGGU MENGGUNAKAN PLATFORM ANDROID

Dewi Driyani, Siti Khotijah, Juliana Juliana

Abstract


Keterbatasan dalam mendengar yang dimiliki oleh para penyandang disabilitas tuna rungu mengakibatkan kesulitan dalam berkomunikasi sehingga mereka kurang mendapat informasi yang dibutuhkan. Komunikasi yang dipakai saat ini oleh penyandang disabilitas tunarungu adalah menggunakan bahasa isyarat, dimana bahasa isyarat yang digunakan oleh penyandang disabilitas tuna rungu adalah dengan menggunakan bahasa tubuh. Indonesia mengenal 2 bentuk bahasa isyarat untuk tuna rungu yaitu bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) dan sistem isyarat bahasa Indonesia(Sibi). Kedua bahasa isyarat tersebut mempunyai perbedaan dimana biasanya bahasa isyarat yang digunakan di area sekolah luar biasa adalah Sibi. Dalam perancangan sistem komunikasi bahasa isyarat untuk tuna rungu menggunakan bahasa isyarat bahasa Indonesia atau sibi yang dalam perancangan nya menggunakan platform android.  tujuan dari penelitian ini mengatasi permasalahan dari penyandang tuna rungu dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat melalui platform android. Metode yang digunakan dalam pengembangan penelitian ini adalah metode Waterfall dimana dalam metode waterfall ini pengerjaannya dilakukan secara berurutan, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini berupa perancangan sistem komunikasi bahasa isyarat yang menggunakan sistem isyarat bahasa Indonesia(Sibi) yang nanti bisa direalisasikan kedalam aplikasi menggunakan platform android.

Full Text:

PDF

References


AdminLP2M. (2022). Metode Waterfall_Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaanya. Lp2m.Uma.Ac.Id. https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya

Azis, Abhdul, Y. (2023). Pengertian, Tujuan, Sumber dan Metode. Deepublishstore.Com. https://deepublishstore.com/blog/studi-pustaka/

Cahya, L. S. (2013). Buku Anak Untuk ABK. Familia.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), 6(1), 1–15. https://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2011/10/01-jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf

Hernawati. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Jurnal Jurusan PLB FIP Universitas Pendidikan Indonesia, Vol.7, 1.

Nugraheni, A. S., Husain, A. P., & Unayah, H. (2023). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat Dengan Sibi Dan Bisindo Pada Mahasiswa Difabel Tunarungu Di Prodi Pgmi Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Holistika, 5(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.28-33

Nurhadi. (n.d.). Sama-sama Bahasa Isyarat, Apa Perbedaan SIBI dan BISINDO? Https://Nasional.Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1535664/sama-sama-bahasa-isyarat-apa-perbedaan-sibi-dan-bisindo

Rofiandaru. (2023). Sistem Pembelajaran Bahasa Isyarat (SIBI) Menggunakan Metode Komunikasi Total Untuk Penyandang Tunurungu Di SLB Semarang. Terralogiq.Com. https://terralogiq.com/metode-waterfall/

S., R., & Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.

Saputri, A. (2017). Analisis Pola Komunikasi Pada Siswa Tunarungu Di Smalb Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 192515.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: