SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN ANGGOTA PASKIBRA SMA TUGIB DEPOK MENGGUNAKAN METODE SAW

Suci Milasari, Imam Himawan, Ika Mei Lina

Abstract


Paskibra SMA TUGIB merupakan sebuah ekstrakulikuler yang paling populer di SMA TUGIB. Banyaknya peminat yang ingin menjadi anggota paskibra membutuhkan seleksi yang ketat untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan seleksi paskibra SMA Tugu Ibu (Tugib) Depok agar membantu panitia dalam meningkatkan kinerja dan efesiensi waktu pengerjaan serta pelayanan informasi kepada peserta lebih jelas. Untuk merancang sebuah sistem pemrograman menggunakan Java dengan software NetBeans IDE 8.2 sebagai alat pengembangan, yang akan ssdigunakan untuk mengembangkan aplikasi penerimaan anggota paskibra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW ini dilakukan dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif  untuk semua kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini dirancang untuk mengolah data calon anggota, menganalisis kriteria dan proses perhitungan seleksi, serta memberikan hasil akhir sebuah perankingan untuk memilih calon anggota yang terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode SAW dapat membantu proses penerimaan calon anggota paskibra SMA TUGIB.


Full Text:

PDF

References


Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. (2017). Pelaksanaan Aktivitas Ektrakulikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. 2(2), 75–93.

Johar, A., Yanosma, D., & Anggriani, K. (2017). Implementasi Metode K-Nearest Neighbor (Knn) Dan Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Anggota Paskibraka. Pseudocode, 3(2), 98–112. https://doi.org/10.33369/pseudocode.3.2.98-112

Parlina, I. (2018). Analysis Of Decision Support System For National Flag Hoisting Troop Membership Using Electre Method. Journal of Information Technology Education: Research, 2(1), 39–47.

Pratiwi, H. (2020). Penjelasan sistem pendukung keputusan. Spk, May, 3. https://www.researchgate.net/publication/341767301%0APENJELASAN

Rahmansyah, N., & Lusinia, S. A. (2019). Buku Ajar Sistem Pendukung.

Rohmatul Fitri. (2014). Pengambilan keputusan aborsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/597

Setiyaningsih, W., Arosyid, H. M., Fachtur, E., Kom, R. M., & Edelweis, Y. (2015). Konsep sistem pendukung keputusan.

Sudipa, I., Pangaribuan, J. J., Trihandoyo, A., Sinlae, A. A. J., Barus, O. P., Umar, N., Chyan, P., Saputra, R. H., Sukwika, T., Mallu, S., Pratama, D., Yahya, K., Suseno, A. T., Sysilowati, T., & Arni, S. (2023). Sistem pendukung keputusan full.

Wahyuddin, Ahmad Kautsar, S. W. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Paskibra 1(1), 18–23.

Wolo, P., & Dua Reja, I. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Calon Paskibraka Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Prosiding Semmau 2019, 867–871.

Yoraeni, A. N. I., Studi, P., Teknik, F., Informatika, D. A. N., & Mandiri, S. N. (2021). E-Book Sistem Penunjang Keputusan.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: