Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran Umi Green Coffee Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
Abstract
Umi Green Coffee saat ini sedang menghadapi persaingan yang cukup ketat dalam menarik pelanggan untuk melakukan pembelian terhadap kopi herbal yang dijual, dikarenakan selama ini pemasaran yang dilakukan masih menggunakan cara manual yaitu dengan mengadakan sosialisasi langsung ke masyarakat. Cara ini bertujuan untuk secara langsung bertemu dengan konsumen itu sendiri dan menarik minat mereka untuk dapat membeli kopi herbal. Namun tidak semua konsumen yang dikunjungi dapat membeli kopi herbal tersebut, sehingga kegiatan pemasaran yang telah dilakukan belum efektif dan optimal. Selain itu, belum adanya penerapan metode analisis yang baik dan efektif menyebabkan hasil keputusan yang tidak akurat terkait strategi pemasaran apa yang lebih efektif. Kemudian, belum adanya sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi menyebabkan pengolahan data menjadi tidak efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian untuk membangun sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) guna untuk mempermudah Umi Green Coffee dalam menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang dibuat dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan berbasis metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk membantu Umi Green Coffee menentukan strategi pemasaran secara efisien, dengan pengelolaan data terstruktur dan rekomendasi yang akurat. Keterbaharuannya terletak pada penerapan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang inovatif dalam konteks pemasaran UMKM, menyediakan solusi praktis sekaligus kontribusi akademik sebagai referensi pengembangan Sistem Pendukung Keputusan berbasis teknologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Febiharsa, D., Sudana, I. M., & Hudallah, N. (2018). Uji Fungsionalitas (Blackbox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Batik Dengan Appperfecr Web Test dan Uji Pengguna. Joined Journal, 1(2), 117–126.
Fitri, R. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish.
Enterprise, J. (2018). Belajar Java, Database dan Netbeans dari Nol. PT. Elex Media Komputindo.
Limbong, T., Muttaqin, Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., Napitupulu, D., & Wanto, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode dan Implementasi (Cetakan 1). Kita Menulis.
Siregar Pahu, G. Y. kemala S., Pujianto, P., & Susanto, L. J. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analythical Hierarchy Process ( Studi Kasus : Smk Ganesha Lampung Timur ). EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 9(2). https://doi.org/10.36448/jmsit.v9i2.1313
Sunyoto, D. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus) (Cetakan Ke). PT. Buku Seru.
Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.
Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Ed.1). Deepublish.
Yustanti, & Lavarindo. (2016). Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya. Manajamen Informatika, 6(1).
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



