Rancang Bangun Aplikasi Menu Interaktif Restoran Berbasis Android

Tri Putri Lestari, Atalya Kurnia Sari, Haidar Ali, Dewi Sekar Kinanti, Agnes Indri Pontias Larasati, Dewi Anjani, Widya Dewi Anggraeni

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk industri kuliner. Restoran modern semakin beralih ke solusi digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi menu interaktif berbasis Android yang memungkinkan pelanggan melihat daftar menu, melakukan pemesanan, dan berinteraksi dengan sistem restoran secara lebih efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini Metode penelitian grounded yang merupakan metode berdasarkan fakta yang bertujuan untuk menetapkan konsep, mengembangkan teori, serta mengumpulkan, menganalisis data pada saat yang bersamaan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi menu interaktif berbasis Android dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi kesalahan dalam pemesanan, serta memberikan pengalaman yang lebih modern dan menarik bagi pelanggan. Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat membantu restoran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan serta mendukung digitalisasi di industri kuliner


Keywords


Rancang Bangun; Aplikasi; Menu; Restoran; Android

References


Ayu, I. G., & Budiasih, N. (2013). Metode Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 19–27.

Dwi S, R. Ika, M. A. R. (2024). Perancangan aplikasi kumpulan resep makanan dan kue berbasis android dengan menggunakan flutter. 7, 72–79. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v7i1.1170

Hazami, F., & Natsir, F. (2021). Perancangan Aplikasi Penyewaan Gor Cilandak di Jakarta Selatan Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 2(1), 48–52. www.journal.peradaban.ac.id

Hustavia, F., & Sholihaningtias, D. N. (2022). Penerapan Grounded Research Pada Sistem Informasi Manajemen Di CV Anugrah. JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 41–47. https://doi.org/10.57218/jueb.v1i4.414

Kurniawan, A. A., & Yanto, W. (2024). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Implementasi Sistem Penjualan Method Grounded Research Menggunakan NetBeans Toko Aulya Baby Shop. 2(2), 48–53. https://doi.org/10.52060/juptik.v2i2.2511

Kurniawan, T., Samsudin, S., & Triase, T. (2021). Implementasi Layanan Firebase pada Pengembangan Aplikasi Sewa Sarana Olahraga Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(1), 13. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i1.10270

Kurniawan, W., Husein, A., & Simanjuntak, D. S. P. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pemesanan Menu Pada Rumah Makan Rindu Alam Jambi Berbasis Android. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 2(2), 230–238. https://doi.org/10.33998/jms.2022.2.2.142

Laia, F. (2023). Perancangan Aplikasi Android untuk Mengoptimalkan Proses Pesanan pada Restoran dengan Metode Prototype. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1482–1490. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12761

Nova, T., Kalsum, T. U., & Alinse, R. T. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Di Kedai Bakso Solo Mas TulusBerbasis Android Dengan Metode Highest Ratio Next (Hrn). Jurnal Media Infotama, 18(2), 341139.

Rahmawita, M. T., & Wiratama, A. (2021). Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Dan Cafe Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 76. https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11906

Salsabila, D. P., Pradini, R. S., & Rikatsih, N. (2023). Pengembangan Prototype Aplikasi Resep Dan Menu Makanan informasi ( Anik Andriani & Esti Qurniati , Ahmad Nurrasyid Andhik Budi. 7(4), 465–471.

Saputra, W., Sunarya, Y., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., Artikel, I., Kualitatif, P., Membaca, P., & Education, J. (2024). Perkembangan Penelitian Kualitatif Dalam Pembelajaran Membaca : Sebuah Kajian Jumlah Artikel. 12(3), 64–69.

Suad, A. H., Bachtiar, Y., & Febriyanti, C. (2022). Rancangan Bangun Aplikasi Pengenalan Vape pada Ndutz Vape House Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 3(03), 464–469. https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.2201

Sylfania, D. Y., Juniawan, F. P., & Yulanda, D. (2021). Implementasi Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafe La Banca Berbasis Android. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 4(2), 144. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v4i2.318

Yolanda, V., Amuharnis, & Stephanie, I. (2024). Aplikasi Mobile Booking Lapangan Futsal Berbasis Android. Journal Of Information Systems And Informatics Engineering, 8(1), 163–175. https://doi.org/10.35145/joisie.v8i1.4293




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.8079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: