The Effects of Vocabulary and Grammar Mastery Towards Student’s Reading Ability in The Narrative Text

Rizkha Destianri Ridwan

Abstract


Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap kemempauan Membaca Teks Naratif Bahasa Inggris (Survey di SMP Negeri Kota Serang). Tesis Program Studi Bahasa Inggris Universitas Indraprasta, 2023. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penguasan kosa kata dan tata Bahasa terhadap kemmpuan membaca tek naratif Bahasa Inggris di SMP Negeri Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel sebanyak 60 siswa dengan Teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi, dan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosa kata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman teks naratif bahasa Inggris siswa SMP Negeri di Kota Serang yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 42,721. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan pemahaman teks naratif bahasa Inggris siswa SMP Negeri di Kota Serang yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,770. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata Bahasa terhadap kemampuan pemahaman teks naratif bahasa Inggris siswa SMP Negeri di Kota Serang yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,083. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks naratif bahasa Inggris, maka diperlukan upaya peningkatan penguasaan kosakata dan tata bahasa.

Keywords


penguasaan kosa kata; penguasaan tata Bahasa; membaca teks naratif

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S. (1991). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pramata.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, N. J. (1999). Exploring second language reading: (Issues and Strategies). Canada: Heinle and Heinle Publishers.

Arifin, Z .(2008).Sintaksis.Jakarta:Grasindo

Burns, P. C., Betty, D. R., & Elinor, P. R. (1996). Teaching reading in today's elementary schools. Boston: Houghton Mifflin.

Celce, M. M. (1991). Teaching English as a second or foreign language (3rd Ed.). Washington, DC

Byre. (1980). Guidelines for Vocabulary Teaching, Singapure: RELC Editorial Committee.

Brown, D. (2015:23). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Longman.

Cameron (2001:23) teaching language to young learnes. Cambridge press

Coghill, & Stacy (2003:26) English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc. Denzin, Swan, M. (2005). Practical English usage. 3rd ed. Oxford University Press.

Clark, W. S. (1865). A practical grammar; in which words, phrases, and sentences are classified according to their offices, and their relations to each other. New York, A. S. Barnes & co.; Cincinnati, Derby, Bradley

Chomsky, B. (2001). 50 filsuf kontemporer.Yogyakarta:

Kanisius, C. R. (2008). The teacher's grammar of English with answers: A Course Book and Reference Guide.United States:Cambridge University Press

David (1995:118). Teaching your chiledre to read. Boston

Darmadi. (2008). Membaca yuuk..! “strategi menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini”.Bogor:GUEPEDIA

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka, 2007), h. 707

Djuharie, O. S. (2007).Genre dilengkapi 700 soal uji pemahaman.Bandung: CV.YRAMA WIDYA

Hoetomo, M. A. (2005:531-532) Pengertian Keterampilan Berbahasa (Online). (darklightandshadow.blogspot.com/2013/05/keterampilan-berbahasa-pengertianjenis

Futhermore (2002:255): Victoria and Rodman, Robert. An Introduction to Language. Greenbaum, S. N. G. (2002). An introduction to english grammar.Great Britain:Pearson Education Limited Greene,

Harmer, J (2001). The practice of English language teaching: Fourth Edition. Essex: Longman Pearson Education Limited.




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.7435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizkha Destianri Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.